PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Ade Taufiq Izzuddin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model Pembelajaran, Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT), Mata Pelajaran IPS

Abstract

Tujuan dari makalh ini adalah untuk membahas pengembangan serta penerapan model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khusus nya di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah penerapan model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT). Model TGT ini menerapkan proses pembelajaran berbasis sosial. Dalam penerapannya siswa dibagi menjadi kelompok heterogen berdasarkan kemampuan akademisnya. Selanjutnya diadakan tournament dengan pengelompokan ulang, yaitu pengelompokkan secara homogen berdasarkan kemampuan akademis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, model TGT ini dianggap berhasil diterapkan untuk mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Dengan penerapan model TGT ini siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kerjasama antar siswa dalam satu kelompok juga lebih baik dari sebelumnya, siswa yang lebih pintar akan menjadi tutor sebaya bagi teman sekelompoknya yang masih kurang paham akan materi yang telah dijelaskan oleh guru.

Published
2019-01-31