MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN

  • Tri sayekti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Pebriani Lubis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kemampuan Berbicara. Metode bercerita Melalui Boneka Tangan. Anak usia 4-5 Tahun.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten dapat dikatakan masih rendah. Hal ini bisa dilihat pada saat guru meminta anak maju untuk menceritakan pengalaman anak, anak belum mampu menceritakan secara rinci dan cara penyajian anak yang masih malu-malu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (PT), tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I 8 tindakan dan siklus II sebanyak 4 tindakan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten, yang berjumlah 15 anak . desain interfensi tindakan/rancangan siklus penelitian ini meliputi tahap-tahap: a) perencanaan, b) tindakan dan pengamatan, c) rafleksi. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil yang diperoleh dari pra penelitian yaitu 31% kemudian setelah melaksanakan tindakan siklus I menunjukkan presentase peningkatan kemampuan berbicara sebesar 59%, selanjutnya hasil yang diperoleh setelah melaksanakan tindakan pada siklus II menunjukkan presentasi peningkatan kemampuanberbicara sebesar 74%. Dengan demikian kemampuan berbicara anak meningkat dan berada pada taraf berkembang sangan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa berbicara melalui media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK IT Al-Muqorrobin Cilegon-Banten.

Published
2019-01-31