PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI MEDIA SOCIAL STORIES BERBASIS ANIMASI STOP MOTION Penelitian Tindakan di TK Pelangi Nusantara Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019

  • Trivena Dyah Wijayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Lara Fridani Universitas Negeri Jakarta
  • Zarina Akbar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: perilaku prososial, social stories, animasi stop motion

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku prososial melalui media social stories berbasis animasi stop motion pada anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Nusantara Salatiga. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kuantitatif dekriptif. Teknik Analisa data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan format observasi dan panduan wawancara. Langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Kesimpulan menunjukkan bahwa media social stories berbasis animasi stop motion mampu meningkatkan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun TK Pelangi Nusantara Salatiga yang ditunjukkan melalui peningkatan persentase dari 36,1% pada siklus I dan meningkat menjadi 97,2 pada siklus II.

Published
2019-01-31