PENERAPAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN PAPANGGO 03 PAGI JAKARTA UTARA

  • Siti Eny Kurniati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: mind mapping, hasil belajar, IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tema jenis-jenis pekerjaan pada Siswa Kelas IV SDN Papanggo 03 Pagi Jakarta Utara melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research). Adapun desain model tindakan yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Papanggo Pagi Tanjung Priok Jakarta Utara yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk catatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi dan lampiran evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar IPS ada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas mendapatkan nilai di atas KKM dengan persentase sebesar 72% dan pada siklus II meningkat 92% dari semua jumlah siswa. Selanjutnya aktivitas siswa juga ikut mengalami pe ningkatan dengan rata-rata persentasi sebesar 78,5% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5%. Adapun aktivitas guru pada siklus I mampu memperoleh persentase sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema jenis-jenis pekerjaan pada Siswa Kelas IV SDN Papanggo 03 Pagi Jakarta Utara.

Published
2019-01-31