PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Faisal Rahman Universitas Negeri Jakarta
  • Yurniwati Yurniwati Universitas Negeri Jakarta
  • Totok Bintoro Universitas Negeri Jakarta
Keywords: model, PBL, kemampuan pemecahan masalah, matematika, metakognisi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari metakognisi dalam belajar siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Cieurih dengan sampel siswa kelas IVA 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan sampel siswa 30 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang melalui model problem based learning dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan metakognisi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) Siswa yang memiliki metakognisi belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematika lebih tinggi dengan pembelajaran PBL dibanding metode ekspositori; (4) Siswa yang memiliki metakognisi belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematika lebih tinggi dengan metode ekspositori dibanding PBL.

Published
2019-01-31