ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA PADA KURIKULUM 2013 DI SDN PETIR 3 KOTA TANGERANG

  • Mawardi Mawardi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Maya Putri Aryati Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Penilaian Autentik, Kesulitan Guru, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Siswa pada Kurikulum 2013 Aspek Penilaian KI 1 (Sikap Spiritual) dan KI 2 (Sikap Sosial) di Kelas II dan Kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan kelas IV SDN Petir 3. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan guru dalam melakukan Penilaian Autentik Siswa pada Kurikulum 2013 Aspek Penilaian KI 1 (Sikap Spiritual) dan KI 2 (Sikap Sosial) di Kelas II dan Kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan Reduksi Data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah melaksanakan penilaian autentik siswa pada Kurikulum 2013 meliputi dua aspek, yaitu aspek penilaian KI 1 (Sikap Spiritual) dan aspek penilaian KI 2 (Sikap Sosial). Namun, dalam pelaksanaan penilaian tersebut belum maksimal karena guru mengalami kesulitan dengan waktu yang terbatas dan jumlah peserta didik yang banyak.

Published
2019-01-31