PENGARUH METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Wisnu Permadi Universitas Negeri Jakarta
  • Zulela MS Universitas Negeri Jakarta
  • Zarina Akbar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, Keterampilan berbicara Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Keterampilan berbicara Bahasa Indonesia Siswa kelas III SDN Baru 05 Pagi Jakarta Timur. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji penilaian ahli. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,03 dengan Ftabel = 1,89 dk, karena Fhitung < Ftabel, maka disimpulkan variansi kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,78 pada taraf signifikansi = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 30 didapat ttabel = 1,67 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian H1 diterima. Dari data yang sudah diperoleh dapat disimpulkan, bahwa ada Pengaruh Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia.

Published
2019-01-31