PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN PURWASARI III KABUPATEN KARAWANG

  • Prima Danu Astri Susanti SDN Purwasari III
Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SD Negeri Purwasari III Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini diakhiri dalam dua siklus. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian di siklus II yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan disertai dengan tercapainya kriteria keberhasilan tindakan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat pada setiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar IPA meningkat dari hasil belajar pra siklus yaitu 43% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Sedangkan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPA pada siklus I diperoleh persentase skor hasil pengamatan sebesar 87.5% untuk aktivitas guru dan 85% untuk aktivitas siswa yang meningkat menjadi 100% untuk aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Purwasari III Kabupaten Karawang.

Published
2019-01-31