HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Tustiyana Windiyani Universitas Pakuan
  • Deddy Sofyan Universitas Pakuan
Keywords: Pengelolaan Kelas,Motivasi Belajar Siswa, Analisis Jalur

Abstract

Penelitian korelasional ini terdiri dari pengelolaan kelas sebagai variabel bebas dan Motivasi Belajar Siswa sebagai variabel terikat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert. Uji validitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 100 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode survei melalui pendekatan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa , ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi ( ) sebesar 0,95 ini menunjukan adanya hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,91 atau sebesar 91%. Hal ini berarti nilai kontribusi pengelolaan kelas dengan motivasi belajar sebesar 91%, melalui persamaaan regresi Ŷ= 24,64+0,99X. Sisaya sebanyak 9 % ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar. Hal ini berarti, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru harus memperhatikan pengelolaan kelas.

Published
2019-01-31