SAS DALAM SETTING PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA

  • Ida Nursanti Universitas Negeri Jakarta
  • Andi Permana Sutisna Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Metode, SAS, Membaca, Permainan

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I (satu) Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III Pondok Gede Bekasi Jawa Barat melalui penerapan metode pembelajaran SAS dalam setting permainan.Metode penelitian tindakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian yang digunakan oleh model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri atas 4 fase kegiatan, meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini diselesaikan dalam 2 siklus dengan 2 tindakan setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan bagi siswa kelas I (satu) pada Sekolah Dasar Negeri Jatimakmur III, Pondok Gede Bekasi dengan jumlah siswa 28 orang.Beberapa instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu pedoman observasi, catatan lapangan dan alat perekam / kamera.Hasil rata-rata nilai kemampuan membaca siswa pada saat kegiatan prasiklus memperoleh rata-rata 58,67, pada siklus Imeningkat menjadi 74,67 dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 87,96. Hasil tersebut sudah melebihi target yang diharapkan yaitu dengan rata-rata nilai di atas 80. Kegiatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase sebesar 72,67% dan pertemuan 2 sebesar 74,73% dengan rata-rata persentase sebesar 74,73%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase pada pertemuan 1 sebesar 90,71% dan pertemuan 2 sebesar 92,32% dengan rata-rata 91,51%. Hasil tersebut sudah mencapai kriteria pencapaian persentase aktivitas siswa yang diharapkan yakni di atas 80%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS dalam setting permainan dapat meningkatkan kemampuan membacapermulaan pada siswa Sekolah Dasar Kelas I.

Published
2019-01-31