PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS TERHADAP LITERASI MATEMATIS

  • Helmi Yahya Nurdiansyah Universitas Negeri Jakarta
  • Enju Harja Sutisna Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemampuan awal matematis, Literasi matematis, Realistic Mathelatics Education, Statistika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tes literasi matematis siswa Indonesia yang dirilis oleh PISA tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan awal matematis terhadap literasi matematis dalam materi statistika. Statistika atau data merupakan 33% topik yang dijadikan tes dalam literasi matematis. Penelitian ini menggunakan desain kelompok by level 2 x 2 dengan posstest only experiment and control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada 660 siswa unggul kelas VIII yang sedang mempelajari materi statistika. Hasil penelitian dengan , menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan awal matematis secara bersama-sama terhadap literasi matematis pada materi statistika. Selain itu, pendekatan Realistic Mathematics Education bukan hanya meningkatkan literasi matematis pada siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi, tetapi juga pada siswa dengan kemampuan awal matematis rendah.

Published
2019-01-31