DEVELOPMENT OF CHARACTER EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL THROUGHT FOKLORE

  • Suprani Suprani
  • Yeni Nuraeni Universitas Muhammadyah Tanggerang

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar melalui cerita rakyat. Pendidikan karakter yang telah diimplemntasikan dalam kurikulum 2013 di sekolah=sekolah di Indonesia yang memberikan pengarauh terhadap semuanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripstif . Data yang digunakan dari siswa Sekolah Dasar menggunakan teknik interview, observasi, dan fokus diskusi. Pendidikan karakter disebut juga pendidikan moral, yang bertujuan membentuk moral yang baik . Proses pendidikan karakter di Sekolah Dasar harus disesuaikan dengan perkembangan usia siswanya, medianya antara lain dapat melalui cerita rakyat yang banyak mengandung nilai karakter dengan disertai proses keteladanan, arahan, keberanian, bersifat terus menerus mengingatkan, ada pengulangan atau latihan organisasi dan qolbu atau hati.

Published
2019-09-11