PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSI ERA SOCIETY 5.0

  • Nanda Alfan Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Ummu Aiman Universitas Negeri Malang
Keywords: Pendidikan inklusi, Era Society 5.0.

Abstract

Era Society 5.0  telah memberikan dampak signifikan terhadap penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik di Indonesia. Meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai hasil peradaban era society 5.0 menghadirkan peluang dan tantangan bagi pendidik pada tiap satuan pendidikan. Salah satu bentuk satuan pendidikan yang merasakan dampak tersebut adalah pendidikan inklusi. Penyelenggaraan pendidikan inklusi yang tepat akan membantu peserta didik dalam mencapai perkembangan potensi optimal sesuai kondisi dan kebutuhan di lingkungan masyarakat. Kemandirian peserta didik menjadi perhatian kunci pendidik di pendidikan inklusi. Hal ini penting diperhatikan sebab peserta didik tentunya tidak akan terlepas dengan keadaan yang terjadi di sekitarnya, terlebih di era society 5.0. Oleh karena itu era society 5.0 akhirnya membuka paradigma baru bagi penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penyelenggaraan pendidikan inklusi era society 5.0. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber data berupa artikel penelitian, jurnal-jurnal, dan buku yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data mengguanakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa era society 5.0 membawa paradigma bagi pendidikan inklusi ditinjau dari pendidik, peserta didik dan perangkat pendidikan.

Published
2020-10-25