URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA SISWA SDN 39 KOTA TERNATE

  • Syarif Abdullah Universitas Negeri Jakarta
  • Jatu Wahyu Wicaksono Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Karakter, Literasi Digital, Sekolah Dasar

Abstract

Dalam upaya menumbuhkan karakter terhadap siswa di sekolah dasar melalui penerapan pendidikan karakter di sekolah merupakan sebuah tanggung jawab yang harus di sadari secara kolektif. Kesadaran tentang pentingnya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses penerapan pendidikan karakter. Salah satunya dengan terus bergerak mencari strategi dan metode yang dianggap efektif dalam memecahkan persoalan ini. Penerapan pendidikan karakter di sekolah dilakukan dengan cara yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan. Sebab setiap anak memilik karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu hal ini harus menjadi perahatian serius dalam merealisasikan pendidikan yang berkarakter.  Salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi sebagai pintu masuk untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan. Pengecekan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bahan pustaka (referensi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter berbasis literasi digital merupakan hal yang sangat urgen yang patut dilakukan di sekolah dasar. Hal ini di tandai dengan empat upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah antara lain adalah (1) manajemen kelas yang kondusif, (2) implementasi literasi digital berbasis karakter,  (3) penguatan pemahaman nilai karakter, dan (4) memahami konsep diri.

Published
2020-10-25