MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN PEMBENTUKAN BINTARA POLWAN (STUDI PADA SEPOLWAN LEMDIKLAT POLRI)

  • Sugiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Matin Universitas Negeri Jakarta
  • Sitaresmi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: manajemen kurikulum, pendidikan pembentukan Bintara Polwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan pembentukan Bintara Polisi Wanita di Sekolah Polisi Wanita Lemdiklat Polri mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi serta permasalahan dalam manajemen kurikulum. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilaksanakan melalui rapat kelompok kerja  membahas tentang tujuan, isi, metode dan evaluasi kurikulum yang akan digunakan. Pengorganisasian kurikulum dilaksanakan proses mengelompokkan dan menganalisis struktur, materi pelajaran, beban belajar, lama jam pelajaran serta pengaturan SDM. Pelaksanaan kurikulum diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang terbagi dalam tiga tahap dan kegiatan pengasuhan. Evaluasi kurikulum yang dilaksanakan yaitu evaluasi hasil belajar peserta didik dan evaluasi kurikulum secara keseluruhan. Untuk penilaian peserta didik, ada tiga aspek penilaian yaitu akademik, mental kepribadian serta kesehatan dan kesamaptaan jasmani. Permasalahan dalam manajemen kurikulum yaitu permasalahan yang terkait dengan komponen kurikulum.

Published
2020-10-26