PELAKSANAAN KEGIATAN JURNAL PAGI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Siti Sarnah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fadlullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tri Sayekti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Anak usia dini, Jurnal Pagi, Menulis permulaan

Abstract

Kemampuan menulis permulaan sangat penting  bagi anak sebagai bekal  melanjutkan pendidikan selanjutnya. Proses kegiatan jurnal pagi di PAUD Babussalam Kota Serang-Banten dalam menstimulasi anak usia 5-6 tahun mengembangkan kemampuan menulis permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 13 anak.  Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan kesimpulan. Validasi dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi dan pengecekan anggota. Hasil analisis data menyatakan bahwa:1) Kegiatan jurnal pagi sangat membantu menstimulasi anak dalam kemampuan menulis permulaan tanpa ada paksaan karena anak merasa senang diawali menggambar bebas sesuai suasana hati dan ide anak yang anak alami, 2) Dalam jurnal pagi  secara rutin dengan kegiatan bermain mampu meningkatkan tahapan menulis permulaan anak 3) Faktor pendukung  yaitu:  guru yang menguasai konsep DAP ( Developmentally Appropriate Prectice) saat proses pembelajaran menulis permulaan ; motivasi diri anak; dan  sarana prasarana atau alat media yang menunjang. Faktor penghambat yaitu emosi atau mood anak yang kurang baik atau emosi mudah sekali berubah-ubah.

Published
2020-10-26