PEMBELAJARAN DARING PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI DKI JAKARTA

  • Sri Rejeki SDN Paseban 09 Pagi
Keywords: Pembelajaran Daring, Sekolah dasar.

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini melihat bahwa dalam implementasinya pembelajaran daring (online) menuai banyak problema. Metode penelitian deskriptif kualitatif adapun teknik pengumpulan data melalui intrument yang dilakukan oleh peneliti, seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah informan yaitu orang yang memberikan gambaran situasi kekinian yaitu social situation atau situasi sosial yang terdiri dari tiga elemen, yaitu tempat (palce), pelaku (actors), dan aktivitas (activity) yang berintekrasi secara sinergis. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Pauh Kota Padang. Dilihat dari hasil penelitian ini pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik apabila adanya kerjasama antara guru, siswa dan orang tua dalam belajar dirumah, bimbingan penuh pada anak, dan kesiapan orang tua untuk meluangkan waktunya yang merupakan satu-satunya pilihan ditengah pendemi global Covid -19 walaupun tidak begitu efektif bagi anak sekolah dasar.

Published
2021-12-06