PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA

  • Siti Hana Listiani Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta
Keywords: project based learning, sikap ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan barang bekas. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan McTaggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner sikap ilmiah, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan barang bekas dapat meningkatkan sikap ilmiah. Pada siklus I persentase sikap ilmiah 67% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah model Project Based Learning dengan pemanfaatan barang bekas dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar

Published
2019-01-31