PENINGKATAN ECOLITERACY DALAM MEMANFAATAN SAMPAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Sekarsari sunaryo putri Universitas Negeri Jakarta
  • M Japar Universitas Negeri Jakarta
  • Riana bagaskorowati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Ecoliterasi, kreativitas,project based learning (PJBL), pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ecoliteracy dalam pemanfaatan sampah dengan menggunakan model project based learning (PJBL) pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Adapun desain model tindakan yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas lima (V) Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan ecoliterasi pada siklus I dan II. Pada siklus I, sekitar 63% siswa tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi tinggi, 9% tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi rendah dan 28% tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi sangat rendah. Pada siklus II, mengalami peningkatan, sekitar 90% siswa tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi tinggi, 6% tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi rendah dan 4% tergolong memiliki kemampuan ecoliterasi rendah. Rata-rata nilai kemampuan ecoliterasi pada siklus I sebesar 87,6 dan siklus II meningkat menjadi sebesar 78,2.

Published
2019-01-31