KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 TUGU UTARA

  • Siti Rodhia Harahap Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kurikulum, Metode Tipe Jigsaw

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara perserta didik dengan pendidik yang menggunakan metode tertentu untuk mencapai tujuan. Dalam mengantisipasi dan mensiasati agar pembelajaran berlangsung secara efketif, optimal dan menantang peserta didik, guru harus pintar membuat skenario pembelajaran dengan menggunakan mtode pembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik menjadi kreatif dan mandiri.Tipe Jigsaw adalah metode pembelajaran koorperatif yang mengajak peserta didik yang tidak bisa menjadi bisa dan dapat berbaur dengan peserta didik yang memiliki kemampuan yang lebih dalam materi pembelajaran.tipe Jigsaw di disain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Peserta didik tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajari materi tersebut kepada kelompoknya. Guru SDN 01 Tugu Utara mencoba memberikan pemebalajaran tipe Jigsaw dengan dengan kurikulim pembalaran k13 yang mengacu pada pembinaan peserta didik agar trampil dan kreatif serta bertanggung jawab pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi Interesting Writing Experience Skills terlihat jelas pada metode tipe Jigsaw siswa mampu bekerja sama dan berbaur sehingga mencapai pembelajaran yang menyenangkan

Published
2019-01-31