Ragam Hias Naga Suku Dayak Pada Kreasi Produk Fashion Dengan Teknik Digital Printing

  • Ivan Rizky Pratama Universitas Negeri Jakarta
  • Mudjiati Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: Ragam Hias, Naga, Suku Dayak, Fashion, Digital Printing

Abstrak

Kebutuhan masyarakat mengenai produk fashion menjadi hal yang sangat penting, karena hakikatnya manusia tidak bisa terlepas dari fashion sebagai kebutuhan untuk kegiatan sehari-hari, terutama dikalangan wanita. Perancangan produk fasihon bertujuan untuk menyampaikan promosi budaya mengenai penyebaran informasi tentang ragam hias naga Suku Dayak kepada khalayak umum melalui produk fashion yang menggunakan teknik digital printing pada tekstil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif case study research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Analisis yang digunakan dalam kesimpulan penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan produk desain tekstil. Desain dan bentuk baju yang dibuat sangatlah kekinian, elegant, mewah bisa dibuktikan bukan hanya ketika dilihat namun juga ketika dipegang, karena hasil jahitan yang rapi, serta menggunakan material bahan premium dari baju yang dibuat. Hal tersebut menciptakan peluang karya yang penulis buat mampu untuk bersaing di pasar fashion dalam negeri maupun luar negeri. Kelemahan dari produk yang penulis buat adalah, ukuran baju yang dibuat mengikuti ukuran badan model professional dengan tinggi badan minimal 170cm jika ingin baju pas untuk dikenakan. Hal ini menjadi ancaman karena tidak semua orang bisa menggunakan pakaian ini secara langsung ketika membeli, perlu pertimbangan yang baik untuk membuat ukuran baju, agar siap untuk dijual secara masal kepada khalayak secara professional.

Diterbitkan
2022-09-08
Bagian
Articles