Ruang Bermain Futuristik Bagi Anak

  • Wiwit Febriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Zaitun Y.A Kherid
  • Mudjiati Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: Ruang Bermain, Futuristik, anak

Abstrak

Seiring zaman, anak cenderung menyukai bermain gadget dibanding bermain dengan teman sebayanya. Dari hasil survei “The Asianparent Insight 2014” lingkup Asia Tenggara, anak usia 6-9 tahun lebih tertarik bermain gadget baik disela-sela belajar maupun setelah selesai belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka perupa menciptakan karya berupa ruang bermain dengan permainan yang bisa dimainkan dua orang atau lebih secara langsung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis riset penelitian dan penciptaan ini menggunakan practice-led research, yaitu penelitian menjadi dasar dalam praktik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai narasumber, sumber tertulis dan foto guna memperoleh data yang diperlukan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka, dan pendokumentasian. Ruang bermain bertema Antariksa untuk anak usia 6-11 tahun berukuran 3x3 m dengan permainan yang bisa dimainkan dua orang atau lebih secara langsung, seperti permainan ular tangga bahan kain taslan, flash card  ukuran A5 dengan bahan glossy photo paper, puzzle ukuran 20x30 cm bahan karton tebal dilapisi bahan glossy, bean bag ukuran 75cmx120cm bahan baby canvas, dan knowladge classification box  ukuran 30x11 cm berbahan kayu dan setiker. Desain karakter digunakan bukan hanya manusia tapi juga hewan,  desain karakter hewan dikaitkan dengan hewan yang dikirm keluar angkasa berdasarkan beberapa sumber literature. Dari hasil mengambil data secara langsung, anak-anak sangat tertarik dengan dunia Antariksa.

Diterbitkan
2022-04-25
Bagian
Articles