Pelatihan Memahami Hadits “Hidupkanlah Saya Miskin” dengan Metode Semantik di Pesantren Modern Nurul Huda-Cikarageman-Setu-Bekasi

Authors

  • Khairil Ihsan Siregar Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.010101

Keywords:

Memahami Hadist, Semantik, Pelatihan, Metode Semantik

Abstract

This community service activity aims to meet the needs of partners in understanding the hadith of the Prophet Muhammad SAW. This community service activity was carried out at the Nurul Huda Modern Islamic Boarding School, Cikaregenan Setu-Bekas. The training was carried out with the theme "Training to Understand the Hadith "Live Me the Poor" with the semantic method". This theme was brought up based on the suitability of the field of knowledge of the Islamic Religious Education Study Program lecturer at FIS UNJ in the concentration of hadith studies and the need to understand hadith by partners. Through this training, the understanding of the hadith of the Prophet SAW This training uses a semantic approach that provides increased understanding for teachers at this Islamic boarding school. The result is an increase in the understanding of teachers through training to recognize hadith texts and then elaborate on the approach of semantic theories to each word's meaning in the hadith or overall sentence structure. Then, to strengthen the theme of the meaning of the hadith that is the sample in this training, it is converted (I'tibar) with the meaning of other hadiths so that the meaning of the hadith that is an example is still valid because it does not contradict the Koran and other hadiths. This program recommends that the understanding of hadis require the comprehensive understanding of the Quran and hadith as well as understanding the context of the hadith.

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mitra dalam memahami hadist Nabi Muhammad SAW. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan di Pesantren Modern Nurul Huda Cikaregenan Setu-BekasI. Pelatihan yang dilaksanakan bertema “Pelatihan Memahami Hadits “Hidupkanlah Saya Miskin‟ dengan metode semantik”. Tema ini diusung berdasarkan kesesuaian bidang ilmu dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ dalam konsentrasi kajian hadits dan kebutuhan memahami hadits oleh mitra. Melalui pelatihan ini maka pemahaman mengenai hadits Nabi Saw. Pelatihan ini menggunakan pendekatan semantik yang memberikan peningkatan pemahaman bagi guru-guru di Pesantren ini. Hasilnya yaitu bertambahnya pemahaman guru-guru melalui pelatihan mengenal teks-teks hadits kemudian dielaborasikan dengan pendekatan teori-teori semantik pada setiap makna kata dalam hadits atau struktur kalimat secara keseluruhan. Lalu untuk menguatkan tema makna hadits yang menjadi sample dalam pelatihan ini dikonversikan (I’tibar) dengan makna hadits-hadits lain sehingga makna hadits yang menjadi contoh masih valid karena tidak berlawanan dengan al-Qur’an dan hadits lainnya. Rekomendasi dari kegiatan pengabdian ini adalah hendaknya hadis dipahami secara komprehensif dengan melibatkan naskh dari Al-Quran dan Al-Hadis serta memperhatikan konteks hadis terjadi.

References

Arsul, A, Papuangan, M, Hizbullah, I & Dosu, A 2021, ‘Perancangan Sistem Informasi Laboratorium Komputer Berbasis Website di Universitas Pasifik Morotai’, Jurnal Teknik SILITEK, vol. 1, no. 1, pp. 46-52.

Astuti, R 2020, ‘Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat’, CV Jejak (Jejak Publisher.

Dittrich, W, Drosd, R, Minkin, L & Shapovalov, AS 2016, ‘The Law of Entropy Increase–A Lab Experiment’, The Physics Teacher, vol. 54, no. 6, pp. 348-350.

Fikri, M et al. 2020, ‘Konsep Dasar Manajemen Pendidikan & Peran Standar Operasional Prosedur (SOP)’, Najmu Books Publishing.

Gandhi, PR, Livezey, JA, Zaniewski, AM, Reinholz, DL & Dounas-Frazer, DR 2016, ‘Attending to experimental physics practices and lifelong learning skills in an introductory laboratory course’, American Journal of Physics, vol. 84, no. 9, pp. 696-703.

Gustini, N & Wulandari, W 2020, ‘Manajemen Laboratorium Sains untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran’, Jurnal Isema: Islamic Educational Management, vol. 5, no. 2, pp. 231-244.

Haryadi, R & Pujiastuti, H 2019, ‘Discovery Learning based on Natural Phenomena to Improve Students’ Science Process Skills’, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 5, no, 2, pp. 183-192.

Jones, JA, D’Addario, AJ, Rojec, BL, Milione, G & Galvez, EJ 2016, ‘The Poincaré-sphere approach to polarization: Formalism and new labs with Poincaré beams’, American Journal of Physics, vol. 84, no. 11, pp. 822-835.

Kemp, KJ, Barker, S, Guthrie, J, Hagood, B & Havey, MD 2016, ‘One-dimensional light localization with classical scatterers: An advanced undergraduate laboratory experiment’, American Journal of Physics, vol. 84, no. 10, pp. 746-751.

Khaira, U, Aryani, R, Utomo, PEP & Weni, I 2020, ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi’, Senamika, vol. 1, no. 2, pp. 47-61.

Kohnle, A, Brown, CTA, Rae, CF & Sinclair, BD 2012, ‘Problem-based labs and group projects in an introductory university physics course’, Physics Education, vol. 47, no. 4, p. 476.

Liana, YR, Linuwih, S & Sulhadi, S 2020, ‘The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists’, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 51-64.

Nasution, S 2000, ‘Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar’.

Novianti, NR 2011, ‘Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran’, Jurnal Pendidikan MIPA, Edisi Khusus, vol. 1, pp. 158-166.

Paetkau, M, Bissonnette, D & Taylor, C 2013, ‘Measuring the effectiveness of simulations in preparing students for the laboratory’, The Physics Teacher, vol. 51, no. 2, pp. 113-115.

Riswanto, R & Dewi, NAK 2017, ‘Peningkatan keterampilan proses sains melalui pembelajaran berbasis laboratorium untuk mewujudkan pembelajaran berkarakter’, Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, pp. 60-65.

Rustaman, NY 2010, ‘Pengembangan Pembelajaran Sains Menggunakan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah’, Bandung: FMIPA UPI, pp. 211-247.

Saputra, IGPE, Harnipa, H & Akhfar, M 2021, ‘Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari’, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 13-22.

Sauri, RS 2020, ‘Manajemen Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP’, Nusantara Education Review, vol. 3, no. 1, pp. 99-108.

Slavin, RE 2019, ‘Educational psychology: Theory and practice’.

Suseno, N 2012, ‘Peran praktikum dalam mengembangkan kemampuan dan karakter mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah keahlian program studi (Studi kasus pada perkuliahan elektronika dan listrik magnet Membangun Karakter Guru Dan Dosen Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkarakter’, Paper Presented at Seminar Nasional Pendidikan Ke-1 Universitas Muhammadiyah Metro, Metro, pp. 132-139.

Suseno, N 2014, ‘Pemetaan Analogi Pada Konsep Abstrak Fisika’, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 1-10.

Suseno, N & Harjati, P 2016, ‘Experiment Role in Developing Metacognition Ability of Teachers’ Prospective’, International Advisory Board, p. 307.

Suseno, N & Riswanto, R 2017, ‘Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika Untuk Mewujudkan Pelaksanaan Praktikum Yang Efisien’, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 76-86.

Suseno, N, Partono & Harjati, P 2011, ‘Memadukan Alat Peraga dan Analogi sebagai Upaya Menerapkan Inkuiri dalam Perkuliahan Konsep Abstrak Listrik Magnet’, Jurnal Nuansa Pendidikan, vol. 15, pp. 1-8.

Suseno, N, Partono, Mulyani, H, Widowati, H & Sutanto, A 2014, ‘Buku panduan kepala laboratorium sekolah/madrasah’, Kota Metro: Lembaga Penelitian UM Metro Press.

Sutoerno, N 2013, ‘Manajemen Laboratorium dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakem Kabupaten Sleman’, Jurnal Ilmiah Tut Wuri Handayani, vol. 2, no. 3, pp. 159-167.

Trasmini, SW, Sunarto, D & Ariyanti, NA 2021, ‘Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Biologi’, Syntax Idea, vol. 3, no, 12, pp. 2768-2773.

Wiggins, G & McTighe, J 2005, ‘Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development ASCD’, Colombian Applied Linguistics Journal, vol. 19, p. 140.

Yohana, PA & Apriana, H 2020, ‘Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Berbasis Web Pada Politeknik Negeri Banjarmasin’, Jurnal Elektronika Listrik Dan Teknologi Informasi Terapan, vol. 1, no. 2, pp. 25-31.

Yolanda, BT et al. 2011, ‘Implementasi Pembelajaran Menggunakan Praktikum pada Pembelajaran Konsep Metabolisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis’, Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 12, no. 1, pp. 59-66.

Zuraida, Z & Cahyadi, R 2021, ‘Sistem pengelolaan laboratorium pengujian bahan untuk mewujudkan pelaksanaan praktikum yang efisien’, ARMATUR: Artikel Teknik Mesin & Manufaktur, vol. 2, no. 1, pp. 7-11.

Published

2021-12-15

How to Cite

Siregar, K. I. (2021). Pelatihan Memahami Hadits “Hidupkanlah Saya Miskin” dengan Metode Semantik di Pesantren Modern Nurul Huda-Cikarageman-Setu-Bekasi. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/satwika.010101