Pendampingan Penulisan Toponim Kabupaten Karawang Untuk Guru Sejarah di Karawang

Authors

  • Humaidi Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • Umasih Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • M. Fakhruddin Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • Abrar Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • M. Hasmi Yanuardi Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • R. Wisnubroto Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • Firdaus Hadi Santosa Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.010203

Keywords:

Toponim, Sejarah, Karawang, Sejarah Lokal

Abstract

ABSTACT

This Community Service Activity is an activity based on community assistance to write and produce a local history product for its own environment. This is based on an analysis of the situation and needs of the people who do not have historical records and only rely on memories.

The method used is service learning, which is divided into two activities that are synchronous and asynchronous. Synchronous consists of delivering material and presentations, while asynchronous is in the form of guidance on writing Karawang toponyms. The participants who took part in this Community Service Activity were 62 history teachers who produced a history book on the toponym of Karawang.

The results of this dedication show that history teachers have a strong interest in toponymy or local history. The process of finding sources, both literature study and field visits, provides an experience of researching history that strengthens soft skills in historical research.

 

ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sebuah kegiatan yang berbasis pendampingan masyarakat untuk menulis dan menghasilkan sebuah produk sejarah lokal lingkungannya sendiri. Hal ini didasarkan atas sebuah analisis situasi kebutuhan masyarakat yang belum memiliki catatan sejarahnya dan hanya mengandalkan ingatan saja.

Metode yang digunakan  adalah service learning yang terbagi  menjadi  dua  kegiatan  yaitu synchronous dan asynchronous. Anchronous terdiri atas penyampaian materi dan presentasi, sedangkan asynchronous berupa bimbingan penulisan toponim karawang. Peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah sebanyak 62 guru sejarah yang menghasilkan sebuah buku sejarah mengenai toponim Karawang.

Hasil pengabdian  ini menunjukkan bahwa para guru sejarah memiliki ketertarikan yang kuat terhadap toponimi atau sejarah local. Proses pencarian sumber, baik study literatur dan kunjungan lapangan, memberikan sebuah pengalaman meneliti sejarah yang memperkuat sofskill dalam penelitian sejarah.

References

Abdullah, Taufik. 1996. Sejarah Lokal di Indonesia, Yogyakarta: UGM Press.
AB Lapian. 1980. Memperluas Cakrawala Melalui Sejarah Lokal, Jakarta: Prisma.
Bishop, Preeyapha., dkk. 2011. An Analysis of Village Toponym in Muang District, Chiangrai Province. The 12th Khon Khaen University Graduate Research Conference, 1247- 1252
Humaidi. 2015. Mempelajari Sejarah Lokal: Konsep, Metode dan Ragam Penelitiannya, Jakarta: LPP Press UNJ. https://www.karawangkab.go.id/dokumen/gambaran-umum, 2021
Kamonkarn, Ambua., dkk. 2008. Toponymy, Landform and Geographical Analysis that influence The community’s Cultural economics and Eco-Tourism: Case Study in The District of: Muang, Mae Chan, Mae Sai, Chiang Sean, Chiang Khong, Wieng Kaen , and Teoung, Chiangrai.
Nusanti. 2014. Strategi Service Learning sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.142
Pudjiastuti, Titik. 2007. Titik. Perang, Dagang, Persahabatan: Surat-surat Sultan Banten, Buku Obor, Jakarta.
Rais, Jacub., dkk. 2008. Toponim Indonesia: Sejarah Budaya Bangsa yang Panjang dari Permukiman Manusia dan Tertib Administrasi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Raper, P.E. 1996. Glossary of Toponymic Terminology. United Nations Document
Resink. 1988. Raja dan Kerajaan Merdeka di Indonesia, Jakarta: Djambatan, 1988

Published

2021-12-25

How to Cite

Humaidi, H., Umasih, U., Fakhruddin, M. ., Abrar, A., Yanuardi, M. H. ., Wisnubroto, R., & Santosa, F. H. . (2021). Pendampingan Penulisan Toponim Kabupaten Karawang Untuk Guru Sejarah di Karawang. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56–64. https://doi.org/10.21009/satwika.010203