Penguatan Religiusitas di Masa Pandemik Melalui Kajian Kitab Fathul Qorib

Authors

  • Sari Narulita Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • Rihlah Nur Aulia Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia
  • Devi Kurniati Universitas Negeri Jakarta,Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.010205

Keywords:

Religiusitas, Pandemi, Fathul Qorib, Penguatan Religiusitas

Abstract

ABSTRAK

Larangan berkumpul di masa pandemic membuat semangat keberagamaan banyak muslim menurun; hal ini dikarenakan kaum muslim menjadi sulit untuk mengikuti berbagai kajian yang biasa diikuti, terlebih kajian Fiqh, yang terkait dengan aturan dalam beribadah. Berdasarkan hal tersebut, Prodi Pendidikan Agama Islam bekerjasama dengan MATAN UNJ mengadakan pembelajaran Fiqh secara daring, membedah Kitab Fathul Qarib.  Kegiatan ini dilakukan sekali di setiap bulannya dalam rentang Januari – Agustus 2021. Evaluasi kegiatan menunjukkan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan,terlebih paparan materi tidak hanya Terpaku pada konten kitab Fathul Qarib yang merupakan kitab klasik; namun juga di korelasikan dengan permasalahan yang ada pada masa kini. Peserta mendapatkan pemahaman agama yang mumpuni walaupun kajiannya dilakukan secara daring.

 

 

ABSTRACT

The prohibition of gathering during the pandemic has reduced the religious spirit of many Muslims; This is because Muslims find it difficult to follow the various studies that are commonly followed, especially the study of Fiqh, which is related to the rules of worship. Based on this, the Islamic Religious Education Department in collaboration with MATAN UNJ held an online Fiqh study, dissecting the Book of Fathul Qarib. This activity is carried out once every month in the range of January – August 2021. The evaluation of the activities shows the enthusiasm of the participants in participating in the activity, especially the material exposure is not only focused on the content of the Fathul Qarib book which is a classic book; but also correlated with the problems that exist today. Participants gain a good understanding of religion even though the study is conducted online.

References

Abimbola, I. O., & Baba, Salihu. 1996. Misconceptions & Alternative Conceptions in Science Text- books:The Role of Teachers as Filters. Journal The American Biology Teacher. 58(1), 14-19. https://doi.org/10.2307/4450067

Arifin, A. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma Teori Aplikasi Strategi dan Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka

Azwar, S. 2013. Validitas dan Reliablitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bago, A. S. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Disertai Gambar Pada Materi Jaringan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery Untuk Siswa SMA Se Kecamatan Telukdalam. Jurnal Education and development. 5(2), 85-90. https://doi.org/10.37081/ed.v5i2.1027

BNSP. 2006. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. http://bsnp- indonesia.org/id/?page_id=103/. Diakses tanggal 19 Juli 2020

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakatra: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamahar, R., Ristanto, R. H., Sartono, N., & Darmawan, E. (2020). Approaches to respiratory and excretion systems teaching: an innovative learning through cirsa. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2204-2210.

Fauzi, A., & Fariantika, A. (2018). Courses perceived difficult by undergraduate students majoring in biology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 78-89. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v11n2.78-89

Fauziah, N. 2018. Validitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mahasiswa. Journal Indonesian Biology Teachers. 1(2), 42-45.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2020). Demonstration and experiment on archaebacteria and eubacteria: effectiveness for cognitive learning outcomes (CLO) based on critical thinking skill. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 75-85.

Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rieka Cipta

Kahmidinal. 2009. Teknik Laboratorium Biologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kilic, B. G., Sener, S. 2005. Family Functioning And Psychosocial Characteristicsin Children With Attention Deficit Hyperactivity Disorder With Comorbid Oppositional Defiant Disorder Or Conduct Disorder. Turk Psikiyatri Derg. 16(1), 21-8.

Kristiani, E., Ristanto, R. H., & Lisanti, E. (2020). Exploring gender-based biological concepts: an analysis of bilingual secondary school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1- 13.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(2), 170-177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Miharja, F. J., Hindun, I., & Fauzi, A. (2019). Critical thinking, metacognitive skills, and cognitive learning outcomes: a correlation study in genetic studies. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 135 - 143. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n2.135-143

Muhajir, M. 2015. Pengembangan Penuntun Praktikum Bioteknologi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Binamu Kab. Jeneponto. Jurnal Biotek. 3(1), 125-132. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1101

Musyarofah. 2006. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Sains Bidang Kimia SMP/MTs Kelas IX Berdasar Kurikulum SMP 2004. Skripsi. tidak diterbitkan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, N., Astuti, T. A., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2020). Pengembangan Asesmen Kinerja Praktikum Sistem Respirasi Pada Serangga. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(2), 131-138.

Nurussaniah, & Nurhayati. 2016. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Priosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V, 63–68. https://doi.org/10.21009/0305010214

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Prawirohartono, Slamet, & Hidayati S. 2010. Sains Biologi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prawirosentono, Suyadi, & Primasari, D. 2014. Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah. 2018. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2), 56-62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302

Rahmi, Y. L., Novriyanti, E., Ardi, A., & Rifandi, R. 2018. Developing Guided Inquiry-Based Student Lab Worksheet for Laboratory Knowledge Course. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. 335(1). IOP Publishing. DOI:10.1088/1757- 899X/335/1/012082

Ristanto, R., Rahayu, S., & Mutmainah, S. (2021). Conceptual Understanding of Excretory System: Implementing Cooperative Integrated Reading and Composition Based on Scientific Approach. Participatory Educational Research, 8(1), 28-47.

Ristanto, R. H., Djamahar, R., Heryanti, E., & Ichsan, I. Z. (2020). Enhancing students’ biology- critical thinking skill through CIRC-Based scientific approach (Cirsa). Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 1-8.

Suprapto, P. K., Riyanto, A., & Nuryadin, E. (2020). Wimba learning strategy with PjBL model: How the effect student in excretory system concept?. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 292-306.

Suryanda, A., Rusdi, R., & Kusumawati, D. 2018. Pengebangan Praktikum Virtual Urinalisa sebagai media pembelajaran Biologi Kelas XI. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.1

Treagust, D., and Duit, R. 2009. Multiple Persfectives of Conceptual Change in Science and Challenge Ahead. Journal of Science and Mathematic Education in Southeast Asia. 32(2), 89- 104.

Thiagarajan, S. et al. 1947. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota.

Walpole, R. E. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wenno, I. H. 2008. Strategi Belajar-Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media

Published

2021-12-25

How to Cite

Narulita, S., Aulia, R. N. ., & Kurniati, D. (2021). Penguatan Religiusitas di Masa Pandemik Melalui Kajian Kitab Fathul Qorib . Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 71–75. https://doi.org/10.21009/satwika.010205