Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif pada Guru SMA di Karawang

Authors

  • Nadya Putri Saylendra Univeristas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Erwin Susanto Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.020107

Keywords:

Media, Pembelajaran, Guru, Sekolah, Inovatif

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh perlunya adaptasi perubahan zaman yang dilakukan oleh guru guna tetap dapat mengikuti perkembangan zaman dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Adapun kegiatan ini akan dilakukan melalui zoom meeting dengan menggunakan metode sosialisasi. Sasaran dalam kegiatan ini adalah guru-guru di lingkungan SMAN 5 Karawang. Hasil dari sosialisasi ini yaitu pemahaman guru tentang kebutuhan untuk beradaptasi dalam dunia digital, teknologi dan informasi cukup meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme yang mereka tunjukkan dalam interaksi yang terjadi selama kegiatan berlangsung dan pengintegrasian perangkat pembelajaran terutama pada media pembelajaran dengan teknologi adalah sebuah keharusan. Rekomendasi yaitu perlu diadakannya kegiatan serupa untuk terus me-maintenance dan meningkatkan pemahaman guru-guru agar terus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

References

Adel. 2016. Prinsip Media Pembelajaran. Jambi: Unja.
Ayu Dwi Kesuma Putri, & Nani Imaniyati. 2017. Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional Development Of Teachers In Improving The Performance Of Teacher). Bandung: UPI.
Darmadi. 2017. Pengembangan Metodepembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Jakarta: Depublish.
Juwita, Rika. dkk. 2019. Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung:Refika Aditama.
Novitasari, Indah Devi. 2014. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmi, Mar’atush Sholichah Muntaha. dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. Semarang: undiksha.
Tri Syamsijulianto, Arif Hidayat, Mohammad Zainudin. 2020. Pengenalan Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Melalui Media Pembelajaran Mobuya. Malang: Universitas Negeri Malang.
Wahyuari, Sartono. 2012. Metode Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Grasindo.
Wahyudi, Theana Putri Permananda. 2020. Efektivitas Media Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Saylendra, N. P., Susanto, E., & Repelita, T. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif pada Guru SMA di Karawang. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 50–52. https://doi.org/10.21009/satwika.020107