Program Penguatan dan Pendampingan Pemanfaatan Website Interaktif Alur Merdeka Pembelajaran Sekolah Dasar Untuk Guru – Guru Sekolah Dasar Mitra UPI Kampus Cibiru

Authors

  • Dede Trie Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yunus Abidin Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.040105

Keywords:

Website Interaktif, Alur Merdeka, Pembelajaran

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan sebagai upaya peningkatan kemampuan guru sekolah dasar mitra UPI Cibiru dalam memanfaatkan produk webiste interaktif alur MERDEKA hasil mahasiswa pascasarajana program studi S2 PGSD UPI Cibiru. Adapun produk pembelajaran yang telah dikembangkan adalah media dan bahan ajar terkini, strategi desain pembelajaran terintegrasi dengan teknologi webiste interaktif untuk pemenuhan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar. Secara rinci, tujuan pengabdian ini dapat diuraikan sebagai berikut : pertama memberikan pengetahuan kepada guru guru SD mengenai perkembangan implementasi kurikulum merdeka, kedua melatih keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan integrasi webiste interaktif alur MERDEKA, ketiga  melatih dan membimbing guru – guru SD dalam memanfaatkan media pembelajaran SD terkni dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah workshop yang dilaksanakan selama bulan April hingga Juni 2024. Evaluasi kegiatan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stuffleabem. Kegiatan pengabdian ini menargetkan khalayak sasaran adalah guru sekolah dasar mitra Kampus UPI Cibiru. Pada program pengabdian ini akan diselenggrakan kegiatan dengan ketentuan di beberapa wilayah difasilitasi dengan tatap maya, namun di beberapa wilayah akan dijalankan secara tatap muka. Secara garis besar dari kegiatan ini didapatkan respon postif dari peserta guru guru SD mitra UPI Cibiru. Mereka Berharap ada kegiatan Rutin dan terjadwal untuk pelatihan seperti ini agar terus bisa meningkatkan profesi profesional guru sesuai dengan perkembangan ilmu yang daidaptkan di perguruan tinggi.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan pendidikan karakter dengan model pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046-1054.
Aripin, I., Sugandi, M. K., Mu'minah, I. H., & Mulyani, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Abad 21. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150-158.
Basit, A., Alfi, I., & Widodo, A. (2022). MODEL CIPP (CONTEXS, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DALAM EVALUASI KINERJA AKADEMIK FAKULTAS DAKWAH UIN SAIZU PURWOKERTO. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 27-37.
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (Eds.). (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press.
Husna, A., & Ayu, R. R. (2022). Model Evaluasi CIPP: Analisis kebijakan Permendikbud No. 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan pada Satuan PAUD. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 87-102.
Inayah, A. N. (2022). Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Abad 21. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 3(1), 348-365.
Irawan, E., Kusumah, Y. S., & Kolis, N. (2023). Evaluasi program pelatihan penyusunan jadwal dengan ASC timetable menggunakan model CIPP. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 35-44.
Kurniawan, D. T., Abidin, Y., & Halimah, L. In House Training Desain Dan Produk Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Perkembangan Abad 21 Untuk Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 19, No. 1, pp. 223-228).
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 7(1), 139-150.
Pamungkas, Y. P. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Abad 21 dengan Perkembangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(2), 84-88.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin, M. (2018). Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.
Susanto, H. P. (2021). Pandemi dan Anak Bangsa Menjadi Pintar. Tsaqiva publishing.
Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Kurniawan, D. T., & Abidin, Y. (2024). Program Penguatan dan Pendampingan Pemanfaatan Website Interaktif Alur Merdeka Pembelajaran Sekolah Dasar Untuk Guru – Guru Sekolah Dasar Mitra UPI Kampus Cibiru . Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.21009/satwika.040105