Implementasi Media KarierOnWheels untuk meningkatkan pemahaman karir pada siswa SMK Negeri 3 Makassar

Authors

  • Ni Kadek Suwardani Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.040106

Keywords:

MBKM, Bimbingan dan Konseling, Media Pendidikan, Karir

Abstract

Salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah Asistensi Mengajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memahami mengenai ragam jenis pekerjaan dan profesi, permainan ini juga membantu siswa agar dapat mengenal klasifikasi kepribadian karirnya serta dapat memilih pekerjaan yang tepat, sesuai bakat dan minatnya. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu; (1) Focus Group Discussion, (2) bimbingan klasikal, (2) penggunaan media KarierOnWheels, (4) BMB3. Dalam kegiatan ini, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta serta berjalan dengan baik dan memberikan manfaat positif kepada siswa

References

Alamsyah, muh. N. (2023). Pengembangan media bimbingan karier animasi motion graphic sebagai layanan informasi karier pada siswa sekolah dasar. Indonesian journal of educational counseling, 7(2).
Amalianita, b., & putri, y. E. (2019). Perspektif holland theory serta aplikasinya dalam bimbingan dan konseling karir. Jrti (jurnal riset tindakan indonesia), 4(2). Https://doi.org/10.29210/3003490000
Az zahra, e. A. (2023). Board games puzzle karier: inovasi media bk untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan pengambilan keputusan karier siswa sma authors. Prosiding semdikjar (seminar nasional pendidikan dan pembelajaran), 6.
Febriani, c. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran ipa kelas v sekolah dasar. Jurnal prima edukasia, 5(1), 11–21.
Helen, j. V., marjohan, & alizamar. (2019). Bimbingan kelompok pola bmb3 untuk peningkatan pengendalian diri korban bencana dalam mengatasi ptsd. Jurnal konseling indonesia, 4(2), 57–62.
Sari, r. R., & dwiarwati, k. A. (2023). The use of spinning media as an information service to improve student career planning. Bisma the journal of counseling, 7(1), 122–129. Https://doi.org/10.23887/bisma.v7i1.58922
Sinaga, i. N., & sa’adah, n. (2022). Persepsi siswa kelas ix dalam merencanakan karier dengan bantuan media pohon karier. Jurnal bimbingan dan konseling ar-rahman, 8(1), 48. Https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.5910
Yuliani, r. A., yasmi, f., & adison, j. (2022). Model bimbingan klasikal dengan menggunakan media cyber counseling (google sites) dalam perkembangan pemilihan karier peserta didik kelas ix di smp negeri 5 sungai lilin kabupaten musi banyuasin. Berajah journal, 2(2), 321–328. Https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.96

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Suwardani, N. K. (2024). Implementasi Media KarierOnWheels untuk meningkatkan pemahaman karir pada siswa SMK Negeri 3 Makassar. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.21009/satwika.040106