Implementasi Media KarierOnWheels untuk meningkatkan pemahaman karir pada siswa SMK Negeri 3 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.21009/satwika.040106Keywords:
MBKM, Bimbingan dan Konseling, Media Pendidikan, KarirAbstract
Salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah Asistensi Mengajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memahami mengenai ragam jenis pekerjaan dan profesi, permainan ini juga membantu siswa agar dapat mengenal klasifikasi kepribadian karirnya serta dapat memilih pekerjaan yang tepat, sesuai bakat dan minatnya. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu; (1) Focus Group Discussion, (2) bimbingan klasikal, (2) penggunaan media KarierOnWheels, (4) BMB3. Dalam kegiatan ini, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta serta berjalan dengan baik dan memberikan manfaat positif kepada siswa
References
Amalianita, b., & putri, y. E. (2019). Perspektif holland theory serta aplikasinya dalam bimbingan dan konseling karir. Jrti (jurnal riset tindakan indonesia), 4(2). Https://doi.org/10.29210/3003490000
Az zahra, e. A. (2023). Board games puzzle karier: inovasi media bk untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan pengambilan keputusan karier siswa sma authors. Prosiding semdikjar (seminar nasional pendidikan dan pembelajaran), 6.
Febriani, c. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran ipa kelas v sekolah dasar. Jurnal prima edukasia, 5(1), 11–21.
Helen, j. V., marjohan, & alizamar. (2019). Bimbingan kelompok pola bmb3 untuk peningkatan pengendalian diri korban bencana dalam mengatasi ptsd. Jurnal konseling indonesia, 4(2), 57–62.
Sari, r. R., & dwiarwati, k. A. (2023). The use of spinning media as an information service to improve student career planning. Bisma the journal of counseling, 7(1), 122–129. Https://doi.org/10.23887/bisma.v7i1.58922
Sinaga, i. N., & sa’adah, n. (2022). Persepsi siswa kelas ix dalam merencanakan karier dengan bantuan media pohon karier. Jurnal bimbingan dan konseling ar-rahman, 8(1), 48. Https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.5910
Yuliani, r. A., yasmi, f., & adison, j. (2022). Model bimbingan klasikal dengan menggunakan media cyber counseling (google sites) dalam perkembangan pemilihan karier peserta didik kelas ix di smp negeri 5 sungai lilin kabupaten musi banyuasin. Berajah journal, 2(2), 321–328. Https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In developing strategy and setting priorities, SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.