KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi eksperimen strategi mengajar, motivasi dan gaya mengajar )
Abstract
KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
(Studi eksperimen strategi mengajar, motivasi dan gaya mengajar )
Akhmad Sobarna1, Ruslan Rusmana2, Gugun Gunawan3.
1STKIP Pasundan, 2 STKIP Pasundan, 3STKIP Pasundan
Abstrak. Penelitian Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak dari metode pembelajaran dan gaya mengajar perintah pada pencapaian gaya lompat-jongkok selama belajar. Penelitian dilakukan di SMK Kesehatan Surya Global cimahi, 2017 dengan n = 44 dipilih secaa bertingkat-acak. Penelitian ini merupakan percobaan dengan rancangan faktorial 2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) secara keseluruhan ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan gaya mengajar latihan dan gaya mengajar komando terhadap prestasi belajar gaya lompat jongkok; (2) Ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap siswa, prestasi belajar gaya belajar melompat-jongkok; (3) untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, prestasi belajar lompat jauh lebih baik daripada gaya mengajarLatihan; (4) Bagi kelompok siswa yang berpendidikan rendah lebih baik daripada mereka yang menggunakan gaya mengajar komando.
Kata Kunci: Metode pembelajaran, motivasi, lompat jauh gaya jongkok, prestasi belajar.