Model Latihan Senam Irama RC One untuk Gerak Dasar Lokomotor Anak Sekolah Dasar

  • Rio Candra
  • Iman Sulaiman
  • Nofi Marlina Siregar

Abstract

MODEL LATIHAN SENAM IRAMA RC ONE

UNTUK GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK SEKOLAH DASAR

 

Rio Candra1, Iman Sulaiman2, Nofi Marlina Siregar3.
1,2,3Universitas Negeri Jakarta

 

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran sena irama RC one untuk gerak dasar lokomotor anak sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran senam irama RC one. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kategori sekolah dasar yang terdiri dari 30 subjek.  Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuisioner, serta instrument tes keterampilan gerak dasar lokomotor yang digunakan untuk mengumpulkan data, adapun tahapan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli, (3) uji coba terbatas serta (4) uji coba utama. Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan gerak untuk mengetahui tingkat keterampilan gerak dasar lokomotor siswa. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh nilai gerak dasar lokomotor jalan sebesar 437 dan gerak dasar lokomotor lari 414 sedangkan gerak dasar lokomotor lompat sebesar 431. Kemudian setelah diberikan perlakuaan terjadi peningkatan gerak dasar lokomotor jalan sebesr 765 dan gerak dasar lokomotor lari sebesar 705 sedangkan gerak dasar lompat sebesar 570. Maka model pembelajaran senam irama RC one untuk gerak dasar lokomotor anak sekolah dasar ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor anak sekolah dasar.       Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran senam irama RC one ini siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien, (2) dengan model pembelajaran senam irama RC one ini, diperoleh peningkatan yang ditunjukkan pada hasil pre-test dan post-test adanya perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Pembelajaran, Senam Irama, lokomotor.

Published
2019-05-20