MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 6-10 TAHUN

Authors

  • Yohanis Padafani Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta. Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/segar/0801.06

Keywords:

Model Permainan, Keseimbangan, Autisme

Abstract

Untuk mengetahui model permainan keseimbangan untuk anak berkebutuhan khusus (autisme) usia 6-10 tahun. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model pengembangan Borg and Gall terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan di antaranya studi pendahuluan (research and Information collecting), merencanakan penelitian (planning), pengembangan desain (develop preliminary of product), preliminary field testing, revisi hasil uji lapangan terbatas (main product revision), main field test, revisi hasi uji lapangan lebih luas (operational product revision), uji kelayakan (operational field testing), revisi final hasil uji kelayakan (final roduct revision), dan desiminasi dan implementasi produk akhir (dissemination and implementation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, melalui quisioner dan pengukuran standing balance test (stork test) untuk mengetahui keefektifan dari pengembangan model permainan yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus (autisme). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu kuisioner dan pengukuran tes keseimbangan standing balance test (stork test). Pengambilan subjek (sampel) dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, yaitu one group pre test dan post test design. Penelitian ini menyimpulkan model permainan yang dikembangkan,  yaitu sebanyak 34 model permainan yang dinilai valid dan layak, sehingga dapat meningkatkan keseimbangan pada anak berkebutuhan (autisme). Berdasarkan hasil penelitian dengan pengukuran tes keseimbangan menggunakan stork test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian model permainan.

References

AAP. Understanding Autism Spectrum Disorders. America: American Academy of Pediatrics, 2006.

Allenby, C. Autistic Spectrum Disorders. California: California Department of Developmental Services, 2002.

Anom. Autism Spectrum Disorders a Resource Pack for School Staff. London: The National Autistic Society, 2005.

Anom. (n.d.). Buku Pedoman Pendidikan dan Penanganan Autisme YPAC. Jakarta: Yayasan Pendidikan Anak Cacat.

Goldstein, J. Play in Children’s Development, Health and Well-Being. Brussels: Fueldesign, 2012.

Hadi, R. Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang: Rumah Indonesia, 2007.

Knudson, D. Fundamentals of Biomechanics. Second Edition. Springer, 183, 2007.

Samuelsson, I. P., & Kaga, Y. The contribution of Early Childhood Education to a sustainable Society. Paris: Unesco, 2008.

Simmons, & Karen L. The Official Autism 101 E-Book : Autism Today. Canada: Alberta, 2016.

Smith, P. K., & Goldsmiths. Play. London: University of London, 2013.

Visser, M. d. Autism Spectrum Disorders : a Lifetime of Difference. Hague: Health Council of the Netherlands, 2009.

Widiastuti. Tes Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2015.

Published

2019-11-30