PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR
DOI:
https://doi.org/10.21009/Segar/0902.02Keywords:
Persepsi, Pembelajaran, Aktivitas airAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran aktivitas air di SMP Negeri 4 Cikarang Barat karena siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cikarang Barat sudah menempuh pembelajaran aktivitas air namun belum pernah adanya penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cikarang Barat yang berjumlah 341 siswa. Teknik pengampilan sampel mengunakan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi sebanyak 13 siswa atau (17%) dalam kategori sangat baik, sebanyak 28 siswa atau (36%) dalam kategori baik, sebanyak 25 siswa atau (32%) dalam kategori cukup, sebanyak 12 siswa atau (15%) dalam kategori kurang baik.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burckhardt, R., Manicavasagar, V., Batterham, P. J., & Hadzi-Pavlovic, D. (2016). A randomized controlled trial of strong minds: A school-based mental health program combining acceptance and commitment therapy and positive psychology. Journal of School Psychology, 57, 41–52. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2016.05.008
Halliburton, A. E., & Cooper, L. D. (2015). Applications and adaptations of Acceptance and Commitment Therapy (ACT) for adolescents. Journal of Contextual Behavioral Science, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jcbs.2015.01.002
Harris, R. (2009). ACT made simple: An easy-to-read primer on acceptance and commitment therapy. Oakland: New Harbinger Publications.
Hayes, S. C., Luoma, J. B., Bond, F. W., Masuda, A., & Lillis, J. (2006). Acceptance and Commitment Therapy: Model, processes and outcomes. Behaviour Research and Therapy, 44(1), 1–25. https://doi.org/10.1016/j.brat.2005.06.006
Hayes, S. C., & Pankey, J. (2002). Experiential avoidance, cognitive fusion, and an ACT approach to anorexia nervosa. Cognitive and Behavioral Practice, 9(3), 243–247. https://doi.org/10.1016/S1077-7229(02)80055-4
Hayes, S. C., Wilson, K. G., Gifford, E. V., Bissett, R., Piasecki, M., Batten, S. V., … Gregg, J. (2004). A Preliminary trial of twelve-step facilitation and acceptance and commitment therapy with polysubstance-abusing methadone-maintained opiate addicts. Behavior Therapy, 35(4), 667–688. https://doi.org/10.1016/S0005-7894(04)80014-5
Klaus, K. (1993). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Krahe, B. (2001). Social psychology. The social psychology of aggression. Psychology Press.
Livheim, F., Hayes, L., Ghaderi, A., Magnusdottir, T., Högfeldt, A., Rowse, J., … Tengström, A. (2015). The Effectiveness of Acceptance and Commitment Therapy for Adolescent Mental Health: Swedish and Australian Pilot Outcomes. Journal of Child and Family Studies, 24(4), 1016–1030. https://doi.org/10.1007/s10826-014-9912-9
Marcus, R. F. (2007). Aggression and Violence in Adolescence. https://doi.org/10.1017/CBO9780511611292
Murray, J. (2007). But I Love Him: Protecting Your Daughter from Controlling, Abusive dating Relationship. New York: Harper Collins.
Murrell, A. R., & Scherbarth, A. J. (2006). State of the research & literature address: ACT with children, adolescents and parents. International Journal of Behavioral Consultation and Therapy, 2(4), 531–543. https://doi.org/10.1037/h0101005
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nikkhah, M., & Arefi, M. (2015). Effectiveness of Theapy with respect to acceptance and commitment on students’ anxiety with test anxious in Esfahan city. Journal of Scientific Research and Development, 2(4), 190–194.
Prasastisiwi, D. (2017). Penerapan Konseling Acceptance and Commitment Therapy untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Tuban. Jurnal BK UNESA, 7(3), 188–194.
Safitri, W. A. (2013). Dampak Kekerasan Dalam Berpacaran (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember). Jember: Universitas Jember.
Sari, A. N. (2016). Penerapan Acceptance And Commitment Therapy Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Pada Pelajaran Fisika Kelas XI SMAN 3 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 6(2), 1–6.
Sulistiowati, N. M. D., Keliat, B. A., & Wardani, I. Y. (2014). Pengaruh Acceptance And Commitment Therapy Terhadap Gejala Dan Kemampuan Klien Dengan Resiko Perilaku Kekerasan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 2(1), 51–57.
Utari, E. D. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Dalam Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kediri: UN PGRI KEDIRI.
Warkentin, J. B. (2008). Dating violence and sexual assault among college men: Co-occurrence, predictors, and differentiating factors. Dissertation Abstracts International: Section B: The Sciences and Engineering, 69(2-B), 1313.
Woidneck, M. R., Morrison, K. L., & Twohig, M. P. (2014). Acceptance and Commitment Therapy for the Treatment of Posttraumatic Stress Among Adolescents. Behavior Modification, 38(4), 451–476. https://doi.org/10.1177/0145445513510527