PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MOVEMENT EXPLORATION DAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY SERTA PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP BOLABASKET PADA MAHASISWA IAIN TULUNGAGUNG

Authors

  • Adi Wijayanto IAIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.21009/segar/0901.01

Keywords:

Penjelajah gerak, Penemuan terbimbing, Persepsi kinestetik, Lay up Bolabasket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery serta persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket pada mahasiswa semester satu jurusan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah institut agama islam negeri Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019, dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. 84 mahasiswa sebagai sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terdiri dari 42 orang dengan persepsi kinestetik tinggi dan 42 dengan persepsi kinestetik rendah, kemudian dilakukan tes persepsi kinestetik dan dilakukan matching pairing sebanyak 2 kali. Analisis data yang digunakan adalah analisis varian (ANAVA) dua arah, dengan Uji Tukey sebagai uji lanjut. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perhitungan Analisis Varians (ANAVA) dengan taraf signifikan α 0,05, maka diperoleh Fₒ = 6,944, sedangkan F₁ = 4,05, dengan demikian Fₒ = 6,944 > F₁ = 4,05, Dengan demikian terdapat perbedaaan yang signifikan secara keseluruhan antara kelompok belajar yang menggunakan metode pembelajaran movement exploration, dibanding dengan metode pembelajaran guided discovery. (2) persepsi kinestetik yang tinggi, metode pembelajaran movement exploration lebih baik daripada metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket dengan hasil (qₒ = 5,523 > q₁ = 3,345), (3) persepsi kinestetik yang rendah, tidak ada perbedaan antara metode pembelajaran movement exploration dan metode pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar lay up bolabasket  (qo= 0,232 < qt = 3,83), dan (4) terdapat interaksi antara metode dan persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lay up bolabasket (Fo = 8,781 > Ft = 4,05).

References

Abidin, Akros. Buku Penuntun: Bolabasket Kembar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.
Bucher, C. A., & Constance, R.K. Methods and Materials for Secondary Schools Physical Education. St.Louis: The Mosby Company. 1983.
De, Anup and Ghosh, Soumendranath. Effect of healthy activity programmes on kinesthetic perception and self-concept among school students. International Journal of Advanced Scientific Research Volume 1; Issue 7; October 2016; Page No. 29-33. ISSN: 2456-0421; Impact Factor: RJIF 5.32. 2016
Derri, Vassiliki & Maria Pachta. Motor skills and concepts acquisition and retention: a comparison between two styles of teaching. 2017 (http://www.cafyd.com /REVISTA /00904.pdf). 2017
Evionora., Asmawi, Moch. dan Syamsudin. Kemampuan Servis Atas Permainan Bola Voli (Studi Eksperimen Model Pembelajaran dan Koordinasi Mata Tangan). Jurnal Segar (Sehat dan Bugar) Vol 8 No 2 (2020): Jurnal SEGAR, DOI: https://doi.org/10.21009/segar/0802.03. 2020
Gabbard, Carl., Elizabeth LeBlanc & Susan Lowy. Physical Education for Children; Building The Foundation. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 1987.
Gallahue, D.L. Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescent. Indianapolis: Benchmark, Press.Inc. 1998.
Getbodysmart. Primary Somatosenory Cortex. https://www.getbodysmart .com /nervous-system/ primary-somatosenory- cortex (diakses 15 Agustus 2020). 2020
Hayhoe, Mary., Fiehler, Katja., Spering, Miriam., Brenner, Eli and R, Karl. Gegenfurtner. Introduction to special issue on “Prediction in Perception and Action”. Journal of Vision (2020) 20(2):8, 1–7. DOI: https://doi.org/10.1212/WNL.0b013e3182a823a7. 2020
Lawrence, Adebayo. Teaching Physical Education In Nigerian Secondary Schools Is A Barrier: An Implication For Future Generation, A Case Study Of Ado Metropolis Secondary Schools In Ekiti State, Nigeria. International Journal of Education, Learning and Development Vol.3, No.5, pp.38-53, June 2015. ISSN 2054-6297(Print), ISSN 2054-6300(Online). 2015
Jahan, Carol. Physical Education Lesson Plans for Classroom Teachers. 2020 (http:// www. books. google .co.id. books?). 2020
Lmanaka, Kuniyasu And Kozo Funase. Kinesthetic Information and Sensorimotor Function. 1992 (http://hdl.handle.net/10069/16629).1992
Mosston, Muska & Ashwort, Sara, Teaching Physical Education. Fourth Edition. New York: MacMillan Publishing Company. 1994.
Sobarna, Akhmad., Rusmana, Ruslan dan Meirizal, Yopi. Meningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Dengan Menggunakan Metode Bagian Perbagian (Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Prodi PJKR STKIP Pasundan Cimahi ). Jurnal Segar (Sehat dan Bugar) Vol 7 No 1 (2018). 2018
Suesee, Brendan., Pill, Shane and Edwards, Ken. Reconciling Approaches - A Game Centred Approach To Sport Teaching And Mosston’s Spectrum Of Teaching Styles. European Journal of Physical Education and Sport Science. Volume 2, Issue 4, 2016. ISSN: 2501 - 1235 ISSN-L: 2501 - 1235 A. 2016
Richard Tinning. Pedagogy and Human
Movement Theory, practice, research. New York: Routledge. 2010
Winarno, M E. Keterampilan Bermain Sepaktakraw, Disertasi. Jakarta: POR-PPs UNJ. 2001.
Wissel, Hal. Bolabasket: Dilengkapi Dengan Program Teknik Dan Taktik, terjemahan Bagus Pribadi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 1996.

Published

2020-11-20