PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK BOLA VOLI BERBASIS E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21009/segar/0902/04Keywords:
Bahan ajar, e-learning, bola voli, model ADDIE, penelitian pengembanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menyediakan bahan ajar berbasis e-learning pada mata kuliah teori dan praktik bola voli yang sesuai dengan himbauan pemerintah untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Pengembangan bahan ajar berbasis online ini dibuat dalam bentuk video tutorial latihan yang dapat diakses mahasiswa secara online melalui situs berbagi video. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan konsep pengembangan model ADDIE. Pengembangan dimulai dari tahap (a) analisis kebutuhan, (b) desain (c) pengembangan (d) implementasi dan (e) evaluasi. Hasil validasi pengembangan media video pembelajaran yang dilakukan oleh (a) ahli Bola voli berada pada kategori baik dengan dengan persentase 87,5%, (b) ahli media pembelajaran pada kategori baik dengan persentase 82,5%, (c) uji coba perorangan pada kategori baik dengan persentase 85%, (d) uji lapangan pada kategori baik dengan persentase 84,44%. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar mata kuliah teori dan praktik bola voli berbasis e-learning sudah dinyatakan layak untuk digunakan.
References
Bakri, F., & Mulyati, D. (2017). Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Mata Kuliah. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 25–30.
Beutelstahl, D. (2008). Belajar Bermain Bola Volley. CV Pionir Jaya.
Braxton, S. (2006). ADDIE, Instructional Design Model.From General Instructional Design Phases.
Dahiya, S. (2012). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12, 132–135.
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hadi, S. R., & Marhendinata, H. (2020). Movement Modeling And Learning Formation Through Youtube Video To Improve Students Volleyball Passing Of SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. 3(37), 177–191.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Kovacs, B. (2009). The Effect of the Scoring System Changes in Volleyball: A Model and an Empirical Test. Journal of Quantitative Analysis in Sports, 5(3). https://doi.org/10.2202/1559-0410.1182
Mahendra, J. (2016). Model Pengembangan Media Pembelajaran ADDIE. Retrieved from https://grafispaten.wordpress.com/2016/01/02/model-pengembangan-media-pembelajaran-addie/
Matdio, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), (1), 1–6. Retrieved from http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/2/Jurnal PANDEMIC MATDIO S.pdf
Muhyidin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Sánchez-Moreno, J., Marcelino, R., Isabel, M., Ureña Espa, A., & isabel, mesquita. (2015). Analysis of the rally length as a critical incident of the game in elite male volleyball. International Journal of Performance Analysis in Sport, 15. https://doi.org/10.1080/24748668.2015.11868819
Sokheh, M., Wahjoedi, & Suwiwa, I. G. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE MATERI PASSING BOLA BASKET. E-Journal PJKR, Universitas Pendidikan Ganesha Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 8(2), 1–11.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 16.