MOTIVASI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI MELAKUKAN PERKULIAHAN DARING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG

  • Tungki Armando Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung
  • Yanuar Ferdiansyah
  • Dzihan Khilmi Ayu Firdausi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Motivasi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi melakukan perkuliahan daring di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif dan menggunakan teknik survei dibuat dalam bentuk angket dan di sebar dengan Google Form sehingga mudah diakses oleh mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi dari semester 2-8  yang berjumlah 50 responden. Adapun teknik analisis data yang diggunakan dalam penelitian ini berupa hasil persentase dari setiap pernyataan yang kami buat, kemudian menginterpretasi skor persentase  dan menganalisis suatu pernyataan tersebut. Sehingga hasil menunjukan bahwa seberapa besar Motivasi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi melakukan perkuliahan daring di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung termasuk dalam kreteria  baik, hal ini didapat dari skor yang kami hitung melalui persentase yang berjumlah 78%. Maka dari itu bahwa besar Motivasi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi melakukan perkuliahan daring di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung baik dan hal ini, pihak kampus haru meningkatkan lebih baik pembelajaran yang ada pada saat ini dan kedepannya.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar cetakan I. 1991. Jakarta: Rineka Cipta.
Alessandro, B. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. Turin: European Training Foundation.
Crews, J., & Parker, J. (2017). The Cambodian Experience: Exploring University Students’ Perspectives for Online Learning. Issues in Educational Research, 27(4), 697–719.
Gowing, Marilyn K. “Measurementof Individual EmotionalCompetence” dalam DanielGoleman, CaryCherniss (ed.). The emotionallyintelligentworkplace: Howtoselectfor, measure, andimproveemotionalintelligence in individuals, groups, andorganizations. (Fransisco: Jossey-Bass, 2001
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 496–503.
ilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14.
Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154159.
Kompri, Motivasi Perspektif Guru dan Siswa, 2016. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student Perceptions of Online and Face-to-Face Learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61–76.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
Sugiyono. (2017)). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Published
2021-12-03