Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek yang Dimodifikasi untuk Upaya Meningkatkan Motorik pada Anak Tunagrahita

  • Ain fary fary Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ujang Rohman
  • Yoso Wiyarno
  • Maris Aka Satriyo Utomo

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau (R&D). Penelitian (R&D) merupakan penelitian yang mengembangan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada sebelumnya, dengan desain one group pretest and posttest design permainan tradisional engklek yang dimodifikasi untuk meningkatkan kemampuan motorik pada anak tunagahita. Teknik pengumpulan data sebelum dan setelah melakukan aktivitas tanding kemudian diproses dan dianalisis menggunakan SPSS. Berdasarkan dari hasil analisis data, diskripsi, pengujian hasil penilitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, yaitu upaya untuk meningkatkan gerak motorik pada anak tunagrahita dengan memodifikasi pemainan tradisional engklek yang dimodifikasi cukup memberikan pengaruh yang signifikan dan baik untuk perkembangan motorik pada anak tunagrahita di SDLB Putra Mandiri Surabaya. Sebagai bahan pertimbangan dalam menganalisis serta mengetahui gerak motorik pada anak tunagrahita dalam melakukan permainan tradisional engklek yang telah dimodifikasi, dengan harapkan anak tunagrahita mampu dan antusias melakukan permainan tradisioanal engklek untuk merangsang gerak motoriknya.

Referensi

Technology Innovation and Learning Media in Industrial Revolution Era 4.0 (Blended Learning) in Physical Education. In International Proceedings Conferences Series, 2(1), 120-122.
Ardiwinanti A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan Permainan Rakyat Olahraga Tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119-129.
Atmaja, Jati Rinakri. 2018. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Bandi Delphie. (2010). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: PT Refika Aditama
Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1 (1), 70 -77.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Beltasar Tarigan. (2000). Penjas Adaptif Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasan, dkk.2021. Landasan Pendidikan. Tahta Media Group
Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
Karal, Hasan., et al. (2010). “Educational Computer Games for Developing Psycomotor Ability in Children With Mental Impairment.” Procedia Sosial and Behavioral Sciences (9):996-1000.
Meimulyani, Y., & Tiswara, A. (2013). Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.
Mulyani, Sri. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.
Nugroho, A., & Mareza, L. (2016). Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(2), 145-156.
Pradana, F. G. A., Setyaningsih, A. F., Rahmawati, R. N., Anisa, A. N., Tinha, R. A. (2018). Analisis Validasi Pengembangan Moderen Pada Siswa Tunagrahita di SLB Siswa Budhi Surabaya. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education),3(2), 98-102
Rahmawati, Ami. (2009). Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-3 Tahun. Bandung. Sandiarta Sukses.
Rosdiani, D. (2012). Dinamika olahraga dan pengembangan nilai. Bandung: Alfabeta
Rochyadi, E. 2012. Modul Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Modul tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education. Vol. 5: hal 12-24.
Sunanto, J., & Hidayat, H. (2017). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jassi Anakku, 17(1), 47-55.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1.
Undang-Undang Republik Indonesia no. 8. 2016. Penyandang Disabilitas. Jakarta.
Hasan, dkk.2021. Landasan Pendidikan. Tahta Media Group
Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
Wulandari, Retno. 2016. Strategi Pengembangan Perilaku Adaptif Anak Tunagrahita Melalui Model Pembelajaran Langsung. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Diterbitkan
2023-05-31