Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Islam Almaarif Singosari Kabupaten Malang

  • Diah Nabila Universitas Negeri Malang
  • M. E Winarno

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga di SMA Islam Almaarif Singosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, melalui survei yang dilaksanakan di SMA Islam Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Pengumpulan data menggunakan tes. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitaian ini menunjukkan bahwa tes peserta ekstrakurikuler olahraga di SMA Islam Almaarif Singosari Kabupaten Malang yaitu hasil peserta ekstrakurikuler putra 5 (16%) termasuk dalam kategori sedang, 24 (75%) termasuk dalam kategori baik , dan 3 (9%) termasuk kategori baik sekali. Sedangkan pada peserta ekstrakurikuler putri 2 (10%) termasuk kategori sedang, 14 (67%) termasuk kategori baik, dan 5 (24%) termasuk kategori baik sekali. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tes secara keseluruhan rata-rata tingkat kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga di SMA Islam Almaarif Singosari untuk peserta putra termasuk dalam kategori baik dan peserta putri termasuk dalam kategori baik sekali.

Referensi

Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang Jawa Barat. UPI Sumedang Press
Anwar, M. (2018). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Arifiarto, Ivan. 2015. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Negeri 11 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 3(3). 759-764
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas Puskesjarek (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani
Ibnu S., Mukhadis A., dan Dasna, I.W. 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Herlan, Herlan, Rhama Nurwansyah, and Rekha Ratri Julianti. 2021. “Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Negeri 1 Surade.” Jurnal Literasi Olahraga 2(1): 38–42.
Kardianto, Kardianto, Rizki Aminudin, and Deden Akbar Izzuddin. 2020. “Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga Di SMAN 1 Cariu.” Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga 1(1): 28–37.
Kristiyandaru, Advendi. 2010. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung. CV Salam Insan Mulia.
Margono, D.S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moch Asnawi, dkk.2022. “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas.” Penerbit Jejak Pustaka: Yogyakarta.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurhasan. 2000. Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia
Samsudin . 2008. Pembelajaran Pendiikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Liters Prenada Media Group.
Somantri, Ating, dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Pustaka Ceria: Bandung
Sudarsini. 2016. Modul Gerak Dasar dan Gerk Irama. Malang: Gunung Samudera
Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press
Sugiyono, P. D. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D)(2015 Ed.).” Bandung: Alfabeta.
Suryobroto, Agus S. 2004. Diklat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.
Wahyudi, Andi Sultan Brilin Susandi Eka, and Ilham Fajrin. 2019. “Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia (Tkji) Siswa Peserta Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli.” Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education 7(2): 51–58.
Diterbitkan
2023-05-31