Analisis Antropometri, Tingkat Kebugaran Jasmani dan Hasil Belajar Gerak Mahasiswa Angkatan 2022 Semester Gasal 2022/2023 PJKR-FIK-UM

  • Izha Maulana Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Siti Nurrochmah Universitas Negeri Malang
Keywords: antropometri, tingkat kebugaran jasmani, hasil belajar praktik

Abstract

Mahasiswa baru yang merantau jauh dari kota asalnya dan tinggal sendiri akan merasakan kurangnya aktivitas gerak dan kurangnya kepedulian mahasiswa terhadap tubuh yang menyebabkan ketidaksiapan mahasiswa pada lingkungan baru yang berakibat asupan makan/gizi mahasiswa menjadi tidak terpenuhi. Terlebih pandemi covid 19 pada tahun 2020-2022 pada saat mereka masih dibangku setara sekolah menengah atas yang menyebabkan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi antropometri, tingkat kebugaran jasmani dan hasil belajar gerak (praktik). Metode penelitian ini menggunakan rancangan survei bentuk deskriptif dengan metode pendekatan berupa observasional data dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif kuantitatif. Variabel yang diteliti berupa pengukuran antropometri, tingkat kebugaran jasmani dan hasil belajar gerak (praktik). Hasil penelitian dengan 53 mahasiswa kelompok putra dan 17 mahasiswi kelompok putri menunjukkan hasil pada pengukuran antropometri kelompok putra dominan pada kriteria kurang dan kelompok putri dominan pada kriteria cukup. Pada tes tingkat kebugaran jasmani kelompok putra maupun putri dominan pada kategori sedang dan pada tes hasil belajar matakuliah praktik kelompok putra maupun putri dominan pada kategori sangat tinggi.

References

Allsabah, M., & Weda, W. (2020). Perbandingan Profil Antropometri dan Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Pada Klub Sepakbola Wanita Kota Dan Kabupaten Kediri. Indonesia Performance Journal, 4(1), 23–35. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4157

Arsyad, R., & Rozi, F. (2021). Tingkat kebugaran jasmani mahasiswa IAIN Salatiga pada masa pandemi covid-19. Fair Play: Indonesian Journal of Sport, 1(1), 1–6. https://journal.moripublishing.com/index.php/ijoos/article/view/17

Batista, M., Cubo, D. S., Honório, S., & Martins, J. (2016). The practice of physical activity related to self-esteem and academical performance in students of basic education. Journal of Human Sport and Exercise, 11(2), 297–310. https://doi.org/10.14198/jhse.2016.112.03

Bile, R. L., & Tapo, Y. B. O. (2021). Pelatihan Program Olahraga Kesehatan Untuk Pemeliharaan Kebugaran Jasmani Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 41–49.https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.187

Cholidah, R., Widiastuti, I. A. E., Nurbaiti, L., & Priyambodo, S. (2020). Gambaran pola makan, kecukupan gizi, dan status gizi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Intisari Sains Medis, 11(2), 416–420. https://doi.org/10.15562/ism.v11i2.589

Dwiastari, N. (2018). HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL PRAKTIK INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XII SMKN 5 JAKARTA. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/444

Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi Covid-19. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(2), 53–62. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16791.

Farradika, Y., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., & Jannah, M. (2019). Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 134–142. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v4i1.3548

Fikri, A. (2017). Meningkatkan kebugaran jasmani melalui metode latihan sirkuit dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sma Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 89–102. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index

Haq, A. B., & Murbawani, E. A. (2014). Status gizi, asupan makan remaja akhir yang berprofesi sebagai model. Journal of Nutrition College, 3(4), 489–494. http://eprints.undip.ac.id/45173/.

Hidayat, A. C. (2022). Pengaruh Buah dan Sayur terhadap Kebugaran pada Lansia. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 22(1). https://doi.org/10.24815/jks.v22i1.21750

Hui, D. S., Azhar, E. I., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., Ippolito, G., Mchugh, T. D., Memish, Z. A., & Drosten, C. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases, 91, 264–266. DOI:https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.01.009

Iridiastadi, H., MSIE, P. D., & Yassierli, P. D. (2014). Ergonomi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Izazi, F., & Kusuma, A. (2020). Hasil responden pengetahuan masyarakat terhadap cara pengolahan temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dan kencur (Kaemferia galanga) sebagai peningkatan imunitas selama COVID-19 dengan menggunakan kedekatan konsep program Leximancer. Journal Pharmasci, 5(2), 93–97. https://doi.org/10.53342/pharmasci.v5i2.192

Kemdikbud, P. W. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. Seminar Nasional Keolahragaan, 1. http://conference.um.ac.id/Index.Php/Fik/Article/View/449.

Mashud, M (2019). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam mewujudkan tujuan kebugaran jasmani. Amalisis Masalah guru PJOK Dalam mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. http://eprints.ulm.ac.id/7514/1/A6__ANALISIS_GURU_PJOK.pdf.

Ma’rifah, D. R. (2017). Diagnosis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 88–94. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi

Ronaldo, R., & Nurrochmah, S. (2021). Prestasi Belajar Matakuliah Praktik Antara Semester Gasal dan Genap. Sport Science and Health, 3(6), 419–428. http://repository.um.ac.id/id/eprint/260985

Saleh, M. S., & Saleh, M. S. (2019). Analisis Komponen Struktur Tubuh terhadap Kemampuan Smash pada Permainan Bulutangkis Pb. Mattoangin Makassar. Competitor, 11(3), 133–143. https://doi.org/10.26858/com.v11i3.13401

Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24–34. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/view/10934.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Silitonga, F. A., & Verawati, I. (2019). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Prestasi Belajar Siswa Putra Kelas Xi Sma N 1 Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 3(1), 29–38. DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v3i1.13069

Sudibjo, P., Suharjana, S., & Apriyanto, K. D. (2018). Program Aktivitas Berbasis Aerobik Pada Lansia Untuk Meningkatkan Kebugaran Dan Kualitas Profil Antropometri. Medikora, 17(2), 145–156. DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v17i2.29186

Published
2023-11-30