Pengembangan Model Permainan untuk Meningkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21009/segar.0601.01Keywords:
Pengembangan Model, Permainan, KardiorespirasiAbstract
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model permainan yang dapat meningkatkan daya tahan kardiorespirasi pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pegangsaan Dua 04 Petang Jakarta Utara yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengukuran tes daya tahan kardiorespirasi menggunakan tes lari 600 meter. Hasil penelitian menunjukan pada tes awal nilai tertinggi yaitu 4,48 menit, nilai terendah 7,8 menit dan rata-rata 6,25 menit , pada tes akhir dengan nilai tertinggi 4 menit, nilai terendah 7,2 menit dan rata-rata 5,39 menit.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan 1). model permainan untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi pada siswa Sekolah Dasar sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani dan mampu meningkatkan minat belajar secara efektif dan efisien. 2) model permainan yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi.
Kata Kunci: Pengembangan model, Permainan, Kardiorespirasi.