FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCIPTAAN NILAI PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Dwi Handarini Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/wahana.13.025

Keywords:

Dividen, Kebijakan Pendanaan, MBV, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Penciptaan Nilai Pemegang Saham, Perusahaan Manufaktur

Abstract

Dalam dunia investasi, kepentingan pemegang saham adalah hal utama bagi perusahaan. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan nilanya, sehingga dapat meningkatkan kekayaan pemegang saham. Pada hakikatnya pemegang saham adalah pemilik sisa kekayaan perusahaan, setelah segala kewajiaban dipenuhi. Peningkatan nilai pemegang saham suatu perusahaan menunjukkan peningkatan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Berbagai keputusan perusahaan memiliki dampak beragam pada nilai pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan nilai pemegang saham pada 111 perusahaan manufaktur yang terdaftar dan diperdagangkan selama 2011 – 2015 di BEI. Nilai pemegang saham dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan proksi niai pasar terhadap nilai buku (MBV). Menggunakan metode kualitatif dengan 555 observasi sampel, hasil penelitian ini meunjukkan bahwa kebijakan pendanaan eksternal melalui hutang dan ekuitas berpengaruh terhadap penciptaan nilai pemegang saham. Sementara itu, pendanaan sendiri tidak berpengaruh terhadap nilai pemegang saham. Faktor lain yang juga berpengaruh terhadap penciptaan nilai pemegang saham dalam penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan, kebijakan dividen, dan ukuran perusahaan. Ketiga faktor tersebut memberipengaruh positif terhadap nilai pemegang saham. Setiap perusahaan diharapkan mampu mengambil kebijakan yang tepat, sehingga dapat mengoptimalkan nilai pemegang sahamnya.

Downloads

Published

2018-12-20

How to Cite

Handarini, D. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCIPTAAN NILAI PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 13(2), 157–175. https://doi.org/10.21009/wahana.13.025