Modality Epistemic Adverb in “Mata Najwa” Episode of “PSBB Rasa Kompromi”

  • Viva Avitasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Luluk Isani Kulup Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
Keywords: epistemic modality, PSBB, talkshow, Mata Najwa

Abstract

Media is a means of information that conveys a message about a problem that is being experienced. Mass media includes newspapers, magazines, radio, television, blogs on the internet, and others. On television, there are many versions of information delivery, one of which is talk shows. In a talkshow, there is the attitude of the speaker when discussing his opinion through the use of words, phrases and clauses that can be analyzed. The analysis in this study focuses on Epistemic Modality in a talkshow of Mata Najwa on Trans7. The thesis with the title Epistemic Modality in Najwa's Eye Impressions Episode "PSBB Rasa Kompromi" aims to describe four types of epistemic modality found in Mata Najwa's shows. Researchers used the Alwi Epistemic Modality theory to analyze the data found on the object of study. The approach to this research uses a qualitative descriptive approach or method. The data used in this study are in the form of vocabulary in sentences that have elements of the Epistemic Modality. The data source was obtained from Mata Najwa's broadcast of the PSBB Rasa Kompromi episode on Wednesday, September 16, 2020. Then the data collection came from the video in the form of a typed interview transcript. The data analysis technique used was identification, grouping each type of epistemic modality, processing, then concluding. The results showed that the four types of epistemic modalities were found based on appropriate methods and techniques on the object of the Mata Najwa talkshow including possibility, practice, necessity, and certainty.

 

Keywords: epistemic modality, PSBB, talkshow, Mata Najwa

 

 

Abstrak

 

Media merupakan sarana informasi yang menyampaikan sebuah pesan mengenai suatu masalah yang sedang dialami. Media massa meliputi koran, majalah, radio, televisi,  blog di internet, dan lain-lain. Di televisi sendiri banyak versi dalam penyampaian informasi, salah satunya talkshow. Dalam sebuah talkshow, terdapat sikap pembicara saat  berdiskusi dalam menyampaikan pendapatnya melalui pemakaian kata, frasa, dan klausa yang bisa dianalisis. Analisis pada penelitian ini berfokus pada modalitas epistemik dalam “Mata Najwa” di Trans7. Penelitian dengan judul “Modalitas Epistemik pada Tayangan Mata Najwa Episode “PSBB  Rasa Kompromi” memiliki tujuan mendeskripsikan empat jenis modalitas epistemik yang ditemukan pada tayangan tersebut. Peneliti menggunakan teori modalitas epistemik Alwi untuk melakukan analisis data yang ditemukan pada objek kajian tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kosakata dalam kalimat yang memiliki unsur modalitas epistemik. Sumber data diperoleh dari tayangan “Mata Najwa” episode “PSBB Rasa Kompromi” yang ditayangkan pada hari Rabu, 16 September 2020. Pengumpulan data berupa transkrip tayangan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu mengidentifikasi, mengelompokkan setiap jenis modalitas epistemik, mengolah, kemudian menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat jenis modalitas epistemic ditemukan berdasarkan metode dan teknik yang sesuai pada objek talkshow “Mata Najwa” meliputi kemungkinan, keteramalan, keharusan, dan kepastian. 

 

Kata kunci: modalitas epistemik, PSBB, talkshow, Mata Najwa

References

Afyolanda, I., Widjajanti, A., & Husniah, F. (2018). Modalitas kalimat pada antologi cerita pendek Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 140–153. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6211

Alwi, H. (1992). Modalitas dalam Bahasa Indonesia. Kanisius.

Badara, A. (2013). Analisis Wacana (Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media). Kencana.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Eryon, E. (2011). Satu tinjauan deskripsi tentang modalitas bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jurnal Linguistika, 2(2), 43–61.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Musdolifah, A. (2018). Keterangan modalitas dalam berita “Alexis yang Terus Exis” pada majalah Tempo edisi 29 Januari-4 Februari 2018. Jurnal Basataka, 1(1), 1–10.

Parera, J. D. (2004). Teori Semantik. Erlangga.

Paryono, Y. (2013). Peran strategis media massa dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia. Jurnal Madah, 4(2), 163–173.

Sari, R. (2013). Teknik panduan bagi mahasiswa bahasa Jerman mengenal modalitas dan evidensialitas bahasa Minangkabau dialek Pariaman sebagai pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(71), 1–7.

Shihab, N. (2020). Mata Najwa: PSBB Rasa Kompromi (FULL VERSION). Metro TV. https://www.youtube.com/watch?v=5FcoAmimfQspada

Sudarsono, A. B. (2016). Kesesuaian isi talkshow Mata Najwa di Metro TV dengan syarat-syarat karya jurnalistik. Jurnal Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(1), 36–45.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.

Tekkay, A., Himpong, M., & Paputungan, R. (2017). Persepsi masyarakat tentang talkshow “Mata Najwa” di Metro TV (Studi pada masyarakat Bahu Kecamatan Malalayang). E-Journal Acta Diurna, 6(2), 1–17.

Published
2021-12-16