PENGARUH PEMBERIAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA SMAN 37 JAKARTA

  • Siti Ansoriyah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

The objective of this research is to identify whether classic music gives impact to students ability in writing news. The subject of this research is the XII grade students of senior high school. This is an experimental research and involved 60 students. The students were divided into experiment group and control group which consists of 30 students. The experiment group was given classic music while they writing news, while the control group was given no treatment during writing news. The scoring of the news writing covered 5W+1H. The result of the research shows that classical music gives positive impact in students ability in writing news.


Keywords: students ability, writing news, classic music


 


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian musik klasik terhadap kemampuan siswa dalam menulis berita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan melibatkan 60 siswa yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 30 siswa. Kelompok eksperimen akan diberikan musik klasik selama menulis berita dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apapun selama menulis berita. Penilaian penulisan berita meliputi 5W+1H. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa musik klasik dapat mempengaruhi kemampuan menulis berita dengan baik.


Kata kunci: kemampuan siswa, menulis berita, musik klasik

Published
2017-06-30
How to Cite
ANSORIYAH, Siti. PENGARUH PEMBERIAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA SMAN 37 JAKARTA. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 104 - 117, june 2017. ISSN 2580-9040. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/3282>. Date accessed: 25 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/10.21009/AKSIS.010106.
Citation Formats