ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA TEKS ILMIAH MAHASISWA

Authors

  • Bayu Dwi Nurwicaksono Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Diah Amelia Politeknik Negeri Media Kreatif

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.020201

Keywords:

Indonesian language errors, scientific texts, students

Abstract

The purpose of this study is to describe the form of written language errors that is often done by students. The research method used is descriptive analysis method. The research data is a scientific variety text made by students in the form of a review of the books they read. The results showed an error in the error category of 89.08%, a mistake in the form of 10.71%, and a form of lapses of 0.2%. The finding of errors in letter usage errors reached 183 items or 43.16%, the finding of errors in word writing errors reached 145 items or 34.20%, the findings of errors in the use of punctuation reached 68 items or 16.04%, error findings in writing elements uptake reached 28 items or 6.6%. These findings prove that the student competency of the Publishing Study Program in mastering Indonesian Spelling really needs to be improved. The results of language error analysis in this study can be used as teaching materials for learning Indonesian especially spelling material.

 

Keywords: Indonesian language errors, scientific texts, students

 

 

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tulis yang sering dilakukan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif analisis. Data penelitian ialah teks ragam ilmiah yang dibuat mahasiswa berupa ulasan terhadap buku yang dibacanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan berbahasa kategori error 89,08 %, bentuk mistake 10,71%, dan bentuk lapses 0,2%. Temuan error pada kesalahan pemakaian huruf mencapai 183 item atau 43,16%, temuan error pada kesalahan penulisan kata mencapai 145 item atau 34,20%, temuan error pada pemakaian tanda baca mencapai 68 item atau 16,04%, temuan error pada penulisan unsur serapan mencapai 28 item atau 6,6%. Temuan-temuan tersebut membuktikan bahwa kompetensi mahasiswa Program Studi Penerbitan dalam penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia sangat perlu ditingkatkan. Hasil analisis kesalahan berbahasa dalam penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi ejaan.

 

Kata kunci: kesalahan berbahasa Indonesia, teks ilmiah, mahasiswa

Downloads

Published

2018-12-31