Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Rollenspiel, Storytelling, dan Penguasaan Kosakata

Authors

Keywords:

Speaking skills; Roleplay; Storytelling; Vocabulary mastery

Abstract

Berbicara merupakan salah satu bagian dari keterampilan berbahasa dengan cara menyuarakan pemikiran secara lisan. Adapun tujuan yang diangkat dalam penelitian ini ialah memberikan gambaran tentang pentingnya Rollenspiel, Storytelling, dan penguasaan kosakata dalam pembelajaran berbicara bahasa Jerman di kelas. Studi kepustakaan atau literatur digunakan sebagai metode penelitian. Langkah yang dilakukan yaitu menentukan judul, mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan judul, pengumpulan informasi dari buku, jurnal, dan hasil riset terdahulu. Selanjutnya dilakukan penyusunan teori dan informasi yang telah diperoleh, mengidentifikasikan secra sistematis dan menganalisis hasil penelitian. Riset ini menghasilkan bahwa penggunaan metode bermain peran akan menimbulkan dampak baik terhadap sikap percaya diri dan keaktifan siswa untuk mengungkapkan kalimat secara lisan sesuai peran yang dimainkannya. Penggunaan metode bercerita akan menimbulkan dampak baik terhadap peluang siswa untuk berbicara di depan teman-temannya. Tidak hanya itu, siswa diberikan kebebasan untuk mengucapkan kalimat secara mandiri sesuai materi atau topik pelajaran. Sedangkan penguasaan kosakata menjadi dasar bagi siswa untuk berbicara bahasa Jerman. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, maka semakin lancar pula siswa saat berbicara bahasa Jerman di kelas.

References

Anggoro, H. (2011). Struktur Mantra Primbon Ajimantrawara. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Bachmann, I. (2008). Colonial Exchange: Creole languages between missionary linguistics and romance philology. Papia. 16, 2206, P. 79-95.

Brummans, B. H. J. M., Hwang, J. M., & Cheong, P. H. (2020). Recycling Stories: Mantras, Communication, and Organizational Materialization. Organization Studies. https://doi.org/10.1177/0170840618819033.

Candra, K., Noviyanti, L. P. E., & Nurlaily, K. (2018). Pemaknaan dan Transmisi Mantra Tri Sandhya pada Remaja Hindu Bali di Daerah Malang. Jurnal Poetika. https://doi.org/10.22146/poetika.35679.

Darihastining, S. (2016). Etnopuitika Sastra Pentas Jidor Sentulan. Malang: Aditya Medi Publishing.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (1994). Handbook of Qualitative Research. New York: Sage Publications Inc.

Eliasoph, N. (2016). The mantra of empowerment talk: an essay. Journal of Civil Society. https://doi.org/10.1080/17448689.2016.1215895.

Foley, J. M. (2005). From Oral Performance to Paper-Text to Cyber-Edition. Oral Tradition (Vol. 20).

Gunnell, T. (2006). Narratives, Space and Drama: Essential Spatial Aspects Involved in the Performance and Reception of Oral Narrative. Folklore: Electronic Journal of Folklore, 33, 7–26. https://doi.org/10.7592/fejf2006.33.terry.

Herman, L., & Vervaeck, B. (2005). Handbook of Narrative Analysis. Nebraska: University of Nebraska Press.

Hidayatullah, D. (2019). Mantra Pengobatan dalam Naskah Banjar (Healing Mantra in Banjarese Manuscript). Naditira Widya. https://doi.org/10.24832/nw.v13i1.322.

Kadarisman, A. E. (2009). Mengurai Bahasa Menyibak Budaya. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Rahmawati, S. (2019). Etnopuitika Mantra Penangkal Hujan di Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Skripsi. STKIP PGRI Jombang.

Rusma Noortyani, J. Z. (2017). Antropolinguistik dalam Mantra Dayak Maanyan di Kalimantan Selatan (Antropolinguistics in Maanyan Mantras in South Kalimantan).

Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i1.3765.

Yusuf, M. (2001). Penelitian Naskah Nusantara dari Sudut Pandang Kebudayaan Nusantara. In Simposium Internasional Masyarakat Pernaskahan Nusantara. Padang.

Zulfahita. (2020). Struktur, Fungsi, dan Makna Mantra Pengasih Diri di Desa Sungai Nyirih, Kecamatan Selakau serta Implementasinya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v9i2.1951.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Purwanto, A., Uswah, & Romliatun. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Rollenspiel, Storytelling, dan Penguasaan Kosakata. Brila: Journal of Foreign Language Education, 2(1), 17–26. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/26818

Issue

Section

Articles