IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH DI SMA AL AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA

  • Rahmawati Multazimah Universitas Negeri Jakarta
  • Supadi Supadi Universitas Negeri Jakarta
  • Evitha Soraya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Peserta Didik, Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris serta mengamati secara langsung manajemen peserta didik berbasis sekolah yang dilaksanakan berdasarkan penerimaan, masa pengenalan lingkungan sekolah, pembinaan dan pengembangan peserta didik di SMA Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: pembentukan panitia penerimaan peserta didik,   penyusunan prosedur dan persyaratan penerimaan calon peserta didik, selanjutnya pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru. (2) pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru  bertujuan menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah, dan menumbuhkan prilaku positif. (3) pembinaan dan pengembangan peserta didik baru meliputi : memberikan layanan bimbingan konseling, mengembangkan potensi peserta didik secara optimal dan terpadu sesuai bakat, minat dan kreativitas.

 

Published
2017-01-12