MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ANGKASA I JAKARTA

  • Muhammad Andrean Candra Universitas Negeri Jakarta
  • Madhakomala Madhakomala Universitas Negeri Jakarta
  • Heru Santosa Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen peserta didik dalam manajemen berbasis sekolah di SMA Angkasa I Jakarta. Penelitian dilakukan mulai dari bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kasubag TU, Staf Bidang Kesiswaan, dan Guru Bimbingan dan Konseling.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan penerimaan peserta didik baru meliputi: melakukan evaluasi, pembentukan panitia, menetapkan dan mengesahkan peraturan dan anggaran, penjualan formulir, pelaksanaan tes, pengumuman hasil tes, dan pelunasan pembayaran. (2) kegiatan orientasi dilakukan agar peserta didik baru mengetahui lingkungan sekolah, keadaan sekolah, program yang dilakukan sekolah, guru-guru dan karyawan sekolah, organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, dan juga mengetahui tata tertib yang ada di SMA Angkasa I. (3) Pembinaan dilakukan untuk menjadikan siswa berkarakter unggul dalam imtaq, iptek, dan berbudi luhur dalam era globalisasi sesuai dengan visi dan misi sekolah. Proses pembinaan peserta didik di SMA Angkasa I melibatkan semua pihak sekolah dan berlangsung terus menerus.

 

Published
2019-03-14
How to Cite
Candra, M. A., Madhakomala, M., & Santosa, H. (2019). MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA ANGKASA I JAKARTA. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 255 - 262. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i2.10545