Strategi Pengembangan Kualitas Guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK Al-Bahri Bekasi

  • Nurma Jelita
  • Wahyu Sri Ambar Arum
  • Siti Zulaikha
Keywords: Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, Karya Inovatif

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMK Al-Bahri Kota Bekasi peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Pengembangan Kualitas Guru Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK Al-Bahri Kota Bekasi yang dilihat dari komponen PKB yaitu Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Artinya, data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapngan, dokumen pribadi, catatan, memo, dan dokumen resmi lainnya. Sehingga yang menjadi tujuan dari peneltian kualitatif adalah ingin menggambarkan realita empiric dibalik fenomena secara mendalam, rinci, dan tuntas. Oleh karena itu, penggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah mencocokkan antara realita empiric dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif.
Metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Dalam proses pengembangan pendidik dapat memenuhi standard dan mengembangan kompetensinya, sehingga mampu menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupannya di masa datang. Kegiatan Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif di SMK AlBahri Bekasi sudah melaksanakan dengan baik. Pelatihan yang diadakan oleh pemerintah setempat dan instansi lain yang telah bekerja sama dengan SMK Al-Bahri Bekasi. Telah melaksanakan pelatihan secara bertahap, dengan mengikuti aturan sebelum ingin melakukan pelatihan atau kegiatan pendidik yang lainnya. Dengan menggunakan modul yang menjadi acuan pendidik untuk melaksanakan pelatihan.

Published
2017-05-17
How to Cite
Jelita, N., Arum, W. S. A., & Zulaikha, S. (2017). Strategi Pengembangan Kualitas Guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK Al-Bahri Bekasi. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(1), 30 - 37. https://doi.org/10.21009/improvement.v4i1.1807