IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA

  • Dian Uswatun Hasanah UIN Surakarta
  • Ahmad Alfi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Imam Mujahid UIN Surakarta
Keywords: Implementasi strategi, Pemasaran, pesantren

Abstract

ABSTRAK

 

Sebagian masyarakat memandang pesantren hanya suatu wadah khusus dalam mempelajari agama, belum lagi bagi pesantren yang mencoba mempertahankan nilai-nilai tradisi leluhur tak jarang dianggap sebagai suatu keterbelakangan. Hal tersebut memberikan dampak pada penilaian sebagian masyarakat yang menyebabkan pendidikan pondok pesantren kurang diminati. Atas dasar tersebut, implementasi strategi pemasaran menjadi penting untuk menjawab sebuah kebutuhan. Maksud dari tujuan ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi strategi pemasaran di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta.

Artikel penelitian ini menggunakan strategi kualitatif dengan metode deskriptif dan dengan jenis fokus penelitian studi kasus. Sumber data berupa dokumen dan informan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan content analysis. Adapun teknik analisis data menggunakan model atau pola interaktif, dikumpulkan, dikelompokkan, dianalisis, lalu ditarik kesimpulan dengan tetap mengacu teori manajemen strategik Fred R. David tentang implementasi strategi pemasaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta, yakni pengelolaan promosi lembaga, perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, pembentukan struktur organisasi pemasaran, keterlibatan kiai dan pimpinan dalam pengendalian pemasaran, adanya pembeda dalam pencapaian target pengelolaan pemasaran. Kemudian, implementasi strategi pemasaran Pondok Pesantren Al Muayyad dilakukan dengan melihat persoalan atau permasalahan pemasaran yang meliputi positioning product dan segmentasi pasar. Segmentasi pasar mencakup bentuk produk, harga, promosi, dan tempat. Adapun positioning product berkaitan dengan keistimewaan yang dimiliki Pondok Pesantren Al Muayyad yakni “Cerdas dan Mulia Bersama Al-Qur’an.

 

Kata Kunci:     Implementasi Strategi, Pemasaran, Pesantren.

Published
2021-12-30
How to Cite
Uswatun Hasanah, D., Alfi, A., & Mujahid, I. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(2), 72-81. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.21615