Self-efficacy Peserta Didik Homeschooling Kak Seto dalam Menghadapi Ujian Nasional Program Paket B
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.08Keywords:
Self-efficacy, HomeschoolingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data, informasi dan gambaran mengenai tingkat self-efficacy peserta didik homeschooling dalam menghadapi Ujian Nasional Pendidikan Program Paket B. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kategori survei, dengan teknik pengumpulan data non tes berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX Homeschooling Kak Seto yang berjumlah 41 peserta didik. Sampel berjumlah 21 peserta didik yang ditentukan dengan teknik insidental sampling. Peneliti menggunakan analisa deskriptif dengan rumus persentase dan nilai rata-rata (mean) untuk mengetahui berapa banyak dari responden yang memiliki self-efficacy kuat, sedang, dan lemah dalam menghadapi Ujian Nasional Program Paket B. Hasil perhitungan menunjukan bahwa dari 21 responden berdasarkan nilai rata-rata (Mean), bahwa 61,90% (f = 13) diantaranya memiliki self-efficacy lemah, 4,76% (f = 1) memiliki self-efficacy sedang, dan 33,33% (f = 7) memiliki self-efficacy kuat dalam menghadapi UNP Paket B. Kelima indikator self-efficacy yaitu pola perilaku dari 8 item pernyataan 42,86% (f = 9) dikategorisasikan lemah. Motivasi dari 8 item pernyataan 47,62% (f = 10) dikategorisasikan lemah. Kinerja dari 8 item pernyataan 52,38% (f = 11) dikategorisasikan kuat. Pola pikir dari 8 item pernyataan 47,62% (f = 10) dikategorisasikan kuat. Pergerakan emosi dari 8 item pernyataan 42,86% (f = 9) dikategorisasikan lemah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY