PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BINGO DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI JENIS-JENIS PEKERJAAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 40 Jakarta Utara)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.011.14Keywords:
Teknik Permainan Bingo, Pemahaman Jenis-jenis PekerjaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan bingo terhadap pemahaman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 40 Jakarta mengenai jenis-jenis pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen jenis non-equivalent control group design.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman mengenai jenis-jenis pekerjaan dan kuesioner rencana karir. Penghitungan validitas menggunakan point biserial diperoleh 56 butir valid dari 98 butir. Penghitungan indeks reliabilitas menggunakan rumus KR 20 diperoleh 0,9, maka instrumen reliabel.Penghitungan hipotesis dengan menggunakan rumusuji-t separated varians.Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05,sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan rumus uji-F. Hasil uji normalitas dan hasil uji homogenitas dari data pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah berdistribusi normal dan berdistribusi homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 7,45 dengan menggunakan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,671, maka thitung = 7,45 >ttabel = 1,671. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik permainan bingo dalam bimbingan klasikal terhadap pemahaman siswa mengenai jenisjenis pekerjaan.Penelitian ini berimplikasi bahwa teknik permainan bingo sebgai salah satu metode pembelajaran dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai jenis-jenis pekerjaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY